Sukses

Makanan Terbaik untuk Trimester Pertama Kehamilan

Nutrisi merupakan aspek penting dalam kehamilan, khususnya trimester pertama. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan sehat berikut ini.

Nutrisi merupakan aspek yang sangat penting dalam kehamilan, baik untuk pertumbuhan janin maupun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu.

Tidak hanya kebutuhan nutrisi yang meningkat selama kehamilan, tantangan lain di bidang nutrisi yang dihadapi oleh ibu hamil adalah rasa mual dan muntah, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Padahal, pada trimester pertama, nutrisi yang cukup dan berkualitas sangat diperlukan. Lantas, apa saja makanan sehat ibu hamil trimester pertama? Simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan berkualitas selama kehamilan karena mengandung protein untuk perkembangan sel-sel janin, serta vitamin D dan kalsium yang sangat penting selama kehamilan.

Namun, perlu diingat bahwa kandungan kolesterol dalam kuning telur cukup tinggi sehingga sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kuning telur secara berlebihan.

Artikel Lainnya: 7 Tips Sehat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan

2. Labu

Labu mungkin tidak terlalu disukai oleh ibu hamil karena rasanya yang tawar. Namun jika, mengalami mual yang parah, Anda bisa mencoba mengonsumsi labu sebagai makanan pengganti karbohidrat.

Labu mengandung magnesium yang cukup tinggi dan ini sangat baik untuk mengatasi mual. Selain itu, labu juga kaya akan asam folat yang sangat penting dalam kehamilan.

2 dari 6 halaman

3. Jahe

Salah satu manfaat jahe untuk ibu hamil adalah untuk mengatasi mual dan muntah akibat morning sickness. Aroma jahe yang kuat berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan oleh jahe.

Selain itu, senyawa gingerol pada jahe juga bisa membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik.

4. Salmon

Selain mengandung protein yang penting selama kehamilan, Salmon juga menyimpan omega-3 dan vitamin D yang sangat penting untuk pertumbuhan janin selama kehamilan. Itulah mengapa, konsumsi salmon penting selama kehamilan.

3 dari 6 halaman

5. Pisang

Siapa sangka, pisang termasuk makanan sehat ibu hamil trimester pertama?

Selain mengandung karbohidrat yang diperlukan selama kehamilan, pisang juga mengandung berbagai nutrien lain seperti zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Artikel Lainnya: Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan

6. Asparagus

Selain memiliki aroma khusus yang dapat mengurangi morning sickness, asparagus juga mengandung vitamin D yang baik dikonsumsi selama kehamilan.

Tak hanya itu, asparagus kaya serat sehingga dapat mencegah konstipasi yang sering terjadi pada ibu hamil.

4 dari 6 halaman

7. Jeruk

Makanan untuk trimester pertama lainnya ialah jeruk. Ibu hamil juga memerlukan asupan vitamin C yang cukup untuk membangun kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi. Salah satu buah yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi adalah jeruk.

Selain itu, aroma jeruk juga dapat mengurangi morning sickness sehingga cocok dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan.

8. Brokoli

Brokoli juga termasuk makanan sehat ibu hamil trimester pertama. Selain kandungan serat serta berbagai vitamin di dalamnya, brokoli juga menyimpan zat besi yang sangat penting bagi pembentukan darah ibu hamil.

5 dari 6 halaman

9. Yoghurt

Susu dan produk turunannya seperti yoghurt juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Mulai dari protein, lemak, kalsium, vitamin D, dan vitamin/mineral lainnya. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Nah, kini Anda telah mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi selama kehamilan trimester pertama.

Yang terpenting bagi ibu hamil adalah menjaga asupan nutrisi agar tetap seimbang, tidak hanya berfokus pada satu jenis makanan saja, juga tidak kekurangan nutrisi dari makanan lain. Kesehatan ibu saat hamil juga akan berpengaruh pada kesehatan bayi terutama pada trimester pertama.  Semoga bermanfaat.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar