Sukses

Kenali Diet Putri Tidur untuk Turunkan Berat Badan

Belakangan ‘diet putri tidur’ menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan. Benarkah semua itu?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki tubuh ramping dan berat badan ideal menjadi impian banyak orang. Demi mencapainya, orang rela mempraktikkan berbagai cara diet. Salah satu metode diet yang sangat mudah dan sederhana adalah diet putri tidur.

Diet putri tidur (sleeping beauty diet) dicetuskan oleh seorang ahli gangguan tidur, dr. Michael Breus, melalui bukunya yang berjudul “The Sleep Doctor’s Diet Plan: Lose Weight Through Better Sleep”. Ia menciptakan diet ini dengan dasar pemikiran yang sederhana, yaitu rasa lapar akan hilang saat tidur.

Peserta diet putri tidur diwajibkan tidur setidaknya selama 9 jam di malam hari, dan diperbolehkan untuk tidur hingga 20 jam per hari. Tidur yang panjang bertujuan agar jam makan terlewati.

Metode diet ini ditentang oleh banyak praktisi medis dan praktisi gizi di berbagai belahan dunia. Pasalnya, menghindari makanan bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan melainkan dapat menyebabkan seseorang menjadi kekurangan nutrisi, kekurangan energi, gangguan konsentrasi, dan meningkatkan risiko terjadinya gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Selain itu, terlalu banyak tidur tak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan hipertensi, serta menyebabkan seseorang menjadi tidak produktif. Belum lagi bila peserta diet ini mengonsumsi obat tidur karena dapat menimbulkan masalah baru yaitu ketergantungan terhadap obat tidur.

Sekalipun diet putri tidur ini terkesan mudah dan menarik, Anda tidak dianjurkan untuk melakukannya. Jadi, lakukan diet sehat secara rutin untuk menurunkan berat badan.
Jika Anda tertarik dengan topik sejenis, baca di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar