Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan BayiKiat Atasi Batuk Berdahak pada Bayi
Kesehatan Bayi

Kiat Atasi Batuk Berdahak pada Bayi

dr. Reza Fahlevi, 02 Feb 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Batuk berdahak dapat menyebabkan bayi rewel karena merasa tidak nyaman. Bagaimana cara mengatasi masalah batuk berdahak pada si Kecil?

Kiat Atasi Batuk Berdahak pada Bayi

Batuk berdahak pada bayi dapat terjadi karena berbagai hal. Misalnya infeksi, alergi, peradangan saluran napas, adanya benda asing pada saluran napas, dan lainnya. 

Saluran napas bayi yang masih memiliki diameter lebih sempit serta belum efektifnya refleks batuk pada bayi, menyebabkan gejala batuk berdahak pada bayi dapat lebih berat. 

Kondisi ini kerap membuat orang tua panik. Pasalnya, batuk berdahak sering kali membuat bayi mengalami kesulitan tidur dan bernapas. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi batuk berdahak pada bayi? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Memberikan Cairan yang Cukup

Dahak yang mengumpul di saluran napas akan mengganggu pernapasan bayi. Padahal, bayi belum dapat mengeluarkan dahaknya sendiri.

Cara menghilangkan dahak pada bayi bisa dengan mencukupi kebutuhan cairannya. Dengan asupan cairan yang cukup, dahak akan menjadi lebih encer dan lebih mudah diserap.

2. Berjemur pada Pagi Hari

Untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi, cara lainnya adalah dengan berjemur. Berjemur 10-15 menit sehari di pagi hari dapat membantu mengurangi gejala batuk berdahak.

Udara segar di pagi hari serta kehangatan yang diberikan oleh sinar matahari akan membuat bayi lebih nyaman.

Selain itu, berjemur membuat anak mendapatkan vitamin D yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuhnya. 

3. Konsumsi Obat Penurun Demam

Saat bayi mengalami batuk berdahak, terjadi peradangan pada saluran napasnya. Proses peradangan ini dapat diringankan dengan pemberian parasetamol.

Obat lain yang dapat diberikan untuk mengatasi batuk berdahak pada anak adalah ibuprofen, tentunya dengan dosis yang sesuai.

Kendati begitu, pemberian obat-obatan ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Selain itu, pemberian obat kepada anak di bawah 6 bulan tidak dianjurkan karena refleks batuk mereka belum sempurna.

4. Menepuk Lembut Punggung Bayi

Cara lain untuk mengobati batuk berdahak pada bayi adalah dengan menepuk lembut bagian dada dan punggungnya. 

Dengan menepuk dada serta punggung bayi secara lembut dan berulang, maka si Kecil dapat lebih mudah mengeluarkan dahaknya. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Bayi Konsumsi Obat Batuk Berdahak?

5. Gunakan Balsam Khusus Bayi

Mengoleskan balsam khusus bayi sembari melakukan pijatan lembut juga dapat membantu si Kecil merasa lebih nyaman. 

Terlebih, aroma balsam khusus bayi bisa melegakan saluran napas yang mengalami batuk berdahak. 

Artikel Lainnya: Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk

6. Uap

Pemberian uap hangat bisa menjadi salah satu cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. 

Namun, penguapan dengan nebulizer hanya diperbolehkan pada kondisi tertentu sesuai instruksi dokter. Sebagai contoh, jika ada suara mengi atau bayi sulit mengeluarkan napas. Kondisi ini umunya ditemukan pada penyakit asma atau bronkiolitis.

7. Istirahat dan Nutrisi Cukup

Istirahat serta nutrisi yang cukup merupakan aspek yang sangat penting pada bayi yang sedang batuk berdahak.

Nutrisi seimbang membantu proses penyembuhan infeksi pada bayi.

Sementara itu, istirahat yang cukup akan membantu proses penyembuhan melalui regenerasi sel yang cepat terjadi pada kondisi istirahat.

Artikel Lainnya: Kenapa Anak Bayi Sering Pura-Pura Batuk?

8. Hindari Polusi dan Asap Rokok

Menghindari polusi udara serta asap rokok juga penting sebagai cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Hal ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Polutan yang terdapat dalam polusi udara atau asap rokok dapat mengganggu sel-sel pada saluran napas bayi, sehingga proses pembersihan infeksi tidak dapat berjalan dengan baik.

9. Berkonsultasi dengan Dokter

Jika batuk berdahak tidak kunjung sembuh atau anak terlihat sesak, makan dan minum berkurang, atau demam tinggi, maka sebaiknya Anda segera membawa si Kecil ke dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap kepada anak Anda, serta memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi anak. 

Nah, kini Anda telah mengetahui cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Ingat, tidak semua keluhan batuk berdahak yang dialami bayi membutuhkan obat-obatan khusus.

Bila ingin konsultasi lebih lanjut mengenai batuk berdahak pada bayi, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

BatukBayiBatuk Berdahak

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter