Sukses

Mengapa Keputihan Tak Kunjung Sembuh Padahal Sudah Diobati?

Anda mengalami keputihan yang tak kunjung sembuh padahal sudah ke dokter? Cari tahu penyebabnya di sini.

Saat keputihan datang, kebanyakan wanita, termasuk Anda, tentu merasa terganggu dan tidak nyaman selama beraktivitas. Belum lagi bau keputihan yang tak sedap sering mengurangi rasa percaya diri. 

Jika mengalami keputihan yang aneh seperti bau atau keputihan menggumpal dan membuat kamu tidak nyaman, tentu hal pertama yang kamu lakukan adalah berkonsultasi langsung ke dokter.

 

1 dari 2 halaman

Penyakit Keputihan tidak Kunjung Sembuh

Memeriksakan diri ke dokter merupakan solusi tepat untuk mengatasi keputihan. Namun setelah mengunjungi dokter dan mengonsumsi obat, keputihannya tidak kunjung sembuh, berikut beberapa faktor penyakit keputihan tidak kunjung sembuh.

  • Keputihan karena infeksi jamur. Namun, ada pula penyebab lain yaitu infeksi bakteri dan parasit, seperti Chlamydia, Gardnerella, dan Trichomonas. Untuk mendiagnosisnya diperlukan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan cairan atau lendir keputihan, di samping gejala klinis seperti bau tak sedap dan rasa gatal.
  • Ada penyakit menular seksual Keputihan juga bisa jadi merupakan bagian dari penyakit menular seksual. Sayangnya, kondisi ini sering sulit diketahui karena kurangnya informasi yang diberikan oleh penderita.Anda perlu menceritakan secara terbuka kepada dokter terkait informasi lengkap mengenai kondisi Anda.

    Ceritakan pula kebiasaan mengganti pakaian dalam, kebiasaan membersihkan area kewanitaan, atau apakah sudah aktif berhubungan seksual. Dengan informasi tersebut, dokter dapat mendiagnosis penyakit Anda dengan lebih akurat.

Artikel Lainnya: Keputihan Menggumpal Seperti Keju, Berbahayakah?

  • Pasangan seksual juga harus diobati Jika Anda mengalami penyakit menular seksual, maka pasangan Anda juga sebaiknya diajak berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut penting untuk mengetahui apakah pasangan Anda perlu mendapatkan pengobatan. Dengan demikian, Anda dan pasangan akan terbebas dari penyakit tersebut.
  • Ada penyakit lain yang menyebabkan keputihan Gejala keputihan masih muncul padahal sudah mendapat pengobatan? Jika ya, Anda tak usah ragu untuk kembali ke dokter, karena bisa jadi keputihan disebabkan oleh penyakit lain.Orang dengan penyakit gula (diabetes), alergi, pengguna kontrasepsi hormonal, dan wanita menopause cenderung lebih mudah mengalami keputihan. Dokter akan melakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui kondisi-kondisi tersebut.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang menyebabkan keputihan pada wanita. Waspada penyakit keputihan sering kali menjadi musuh sebagian wanita, oleh karena itu sebaiknya jika terdapat kejanggalan terhadap keputihannya, segera periksakan diri ke dokter ya.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar