Sukses

Rahasia Panjang Umur dari 5 Negara

Umur panjang dan sehat. Siapa yang tak mau? Cari inspirasinya dari lima negara yang dikenal memiliki penduduk berumur panjang dan sehat

Klikdokter.com, Jakarta Italia ke California. Dari tempat yang eksotis ke tempat yang sangat biasa. Negara-negara ini memiliki satu kesamaan yang tak ternilai: Umur panjang. Para ilmuwan menyebutnya Blue Zones –wilayah dimana para penduduknya hidup lebih lama dari sebagian besar manusia di muka bumi ini.

Bicara tentang penduduknya yang hidup lebih lama dari sebagian besar manusia di muka bumi ini berarti bicara tentang usia. Rata-rata penduduk di negara-negara yang akan dibahas di sini, bisa mencapai hingga 100 tahun.

Jadi apa rahasia mereka? Intip rahasi panjang umur dari penduduk di lima negara ini.

1 dari 6 halaman

1. SARDINIA, ITALIA

Catatan mengenai umur panjang di Sardinia mengacu pada masalah DNA. Daerah ini sangat terisolasi dan memiliki tingkat imigrasi penduduk yang sangat rendah.

Ini menjadikan garis genetis penduduknya relatif masih murni. Tapi para ahli juga percaya bahwa gaya hidup yang aktif dan kebiasaan sosial turut berperan dalam perpanjangan usia penduduk di Sardinia.

Rahasia Mereka

Penduduk Sardinia terus bekerja dengan baik hingga usia mereka mencapai angka 90an. Bagi mereka tidak ada usia pensiun meskipun telah berusia 65 tahun.

Tenang, Anda tak harus terus bekerja secara harafiah seumur hidup. Hanya saja, tetaplah beraktifitas. Memperoleh pengetahuan baru bisa membuat Anda lebih awet muda. Jadi belajarlah dari orang Italia: Pelajari hal baru. Dengan demikian Anda telah menambah beberapa tahun usia Anda.

2 dari 6 halaman

2. NICOYA, COSTA RICA

Pada usia 60 tahun, pria Nicoya memiliki kesempatan mencapai usia 90 tahun dua kali lipat lebih baik dibandingkan dengan rata-rata pria di Amerika.

Rahasia Mereka

Warga Nicoya hidup sederhana. Mereka bahkan hanya memiliki beberapa barang saja. Percaya atau tidak, ini adalah cara mudah untuk mengurangi stres. Mulai sekarang fokuskan kembali pengeluaran Anda. Daripada ‘membeli’ banyak benda, lebih baik habiskan uang Anda untuk ‘melakukan’ sesuatu yang lebih berguna.

Anda juga bisa meniru cara makan penduduk Nicoya. Ganti makanan Anda dengan makanan lokal. Hasilnya adalah makanan yang lebih bernutrisi.

Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of the Sciences of Food and Agriculture, makanan yang telah tersimpan selama satu minggu bisa kehilangan beberapa nutrisi penting.

Tapi saat kami katakan makanan lokal, maka yang kami maksud adalah makanan yang benar-benar Anda ambil dari kebun sendiri. Para peneliti yakin bahwa mereka yang telah lama berkebun di rumah mereka sendiri jauh lebih aktif dan merasa puas dengan kehidupan mereka.

Anda tidak memiliki cukup lahan untuk melakukannya? Cari informasi dari perkebunan di daerah Anda mengenai komunitas berkebun. Saat ini juga sedang ramai tren urban farming yang bisa Anda coba. Coba lakukan dalam pot tanaman. Brokoli, cabai, dan bayam bisa tumbuh dalam pot-pot kecil

3 dari 6 halaman

3. OKINAWA, JEPANG

Pulau Okinawa merupakan salah satu wilayah miskin di Jepang. Namun pulau ini juga sekaligus merupakan salah satu wilayah dengan penduduk berusia panjang di dunia. Bahkan jika dibandingkan dengan wilayah berpenduduk yang lebih makmur seperti Fukuoka, penduduk Okinawa memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Rahasia Mereka

Salah satu bentuk diet tradisional Jepang adalah sayuran berdaun hijau, beras, dan ikan. Diet ini terkenal akan akan manfaatnya dalam memperpanjang usia.

Tapi penduduk Okinawa membuat satu aturan baru: Mereka tidak menggunakan beras. Sebagai gantinya, ubilah yang menjadi sumber karbohidrat utama mereka.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Jepang, ubi dapat menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya peradangan. Selain itu ubi juga kaya akan potassium, vitamin C, karotenoid, dan serat.

Selanjutnya, prioritaskan waktu hang-out dengan sahabat-sahabat Anda. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Drexel University baru-baru ini, orang dewasa dengan kehidupan sosial di bawah standar cenderung meninggal karena penyakit jantung dan kanker dibandingkan dengan mereka yang memiliki kehidupan sosial yang baik.

4 dari 6 halaman

4. PULAU IKARIA, YUNANI

Para penduduk Ikaria selalu mengetahui dengan tepat apa yang harus mereka makan dan kapan mereka harus tidur.

Rahasia Mereka

Depresi telah terbukti dapat memperpendek usia. Namun kata ini tak pernah ada dalam kamus penduduk Ikaria.

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Yunani pada tahun 2010 lalu menemukan bahwa penduduk Ikaria yang mengonsumsi 11 ons ikan per minggu, 66 persen lebih dapat mengatasi stres dibandingkan mereka yang mengonsumsinya kurang dari jumlah tersebut atau tidak mengonsumsinya sama sekali.

Bentuk diet yang mereka gunakan adalah dengan konsumsi ikan-ikan yang kaya akan lemak Omega-3, EPA, dan DHA, yang mampu meningkatkan semangat dan mengatur senyawa-senyawa kimia dalam otak. Fokuslah pada ikan yang kaya akan lemak ini, seperti salmon dan tuna.

Penelitian lain yang juga dilakukan oleh para peneliti Yunani menemukan bahwa 84 persen dari penduduk pulau ini adalah ‘pria tua’. Dan mereka rata-rata berusia di atas 90 tahun yang secara rutin mengambil waktu untuk tidur siang.

Analisa terhadap 23.000 orang di Yunani yang dilakukan para peneliti dari University of Athens menemukan bahwa tidur siang dapat memotong risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 37 persen.

Kapan waktu tidur siang yang tepat? Sesaat setelah makan siang. Anda lebih baik menambahkan kekurangan tidur malam sebelumnya di siang hari daripada menambah waktu tidur Anda malam ini.

 

5 dari 6 halaman

5. LOMA LINDA, CALIFORNIA

Bagaimana mungkin kota yang terletak tak jauh dari Los Angeles ini bisa masuk dalam daftar Blue Zone? Mudah saja: penduduknya adalah penganut paham Adventist yang bebas rokok, alkohol, dan kafein.

Penelitian yang dilakukan Loma Linda University pada tahun 2001 menemukan bahwa di California, pria penganut Adventist hidup tujuh tahun lebih lama daripada penduduk pria lainnya.

Rahasia Mereka

Diet Adventist menitikberatkan pada gandum dan sayuran –alasan besar atas kesehatan mereka yang luar biasa itu. Tapi kehidupan spiritual mereka juga memiliki peranan yang tak kalah penting.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Annals of Epidemiology pada tahun 2008, mereka yang menghadiri kegiatan spiritual secara rutin memiliki risiko kematian 8,5 kali lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya.

Jika waktu spiritual Anda kurang, Anda masih tetap bisa mendapatkan manfaatnya. Bersihkan pikiran dan jiwa Anda dengan melakukan kegiatan positif. Misalnya dengan menjadi sukarelawan. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2010 di Israel hal ini terbukti dapat menurunkan kadar depresi.

Salah satu strategi untuk menaklukkan stres adalah dengan tidak membiarkan stres menguasai Anda. Seperti halnya penduduk di Ikaria, penduduk di California selalu meluangkan hari dalam aktivitas mingguan mereka untuk benar-benar beristirahat.

Cek kembali waktu istirahat Anda: Apakah Anda benar-benar menggunakannya untuk relaksasi? Atau Anda justru menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau sibuk membereskan keperluan anak-anak Anda.

Sebenarnya tak perlu menyiapkan waktu seharian penuh. Anda bisa berjalan-jalan santai di sore hari seminggu sekali juga cukup berguna. Penelitian lain yang dimuat dalam Journal of Environmental Psychology pada tahun 2010 menemukan bahwa berjalan di luar ruang lebih menyegarkan bagi tubuh daripada berjalan dalam ruangan.

Jadi, daripada menghabiskan weekend di pusat perbelanjaan, lebih baik ajak keluarga untuk berjalan santai di pantai atau daerah sejuk di pinggiran kota tempat tinggal Anda.

Ingin hidup sehat dan panjang umur? Coba tiru cara-cara yang dilakukan para penduduk di lima negara tadi.

(RH)

 

0 Komentar

Belum ada komentar