Sukses

Bolehkah Melakukan Pijat Payudara?

Pijat payudara diklaim bermanfaat. Benarkah? Amankah melakukan pijat payudara? Simak penjelasan dan cara memijat payudara yang benar di sini.

Pijat payudara tak hanya menjadi cara stimulasi dalam aktivitas seksual. Manfaat memijat payudara juga mencakup berbagai aspek kesehatan lainnya, mulai dari deteksi kanker hingga mengurangi nyeri otot bagian tersebut.

Pijat payudara adalah tindakan perlahan-lahan menguleni dan membelai payudara. Saat memijat, Anda dapat menggunakan berbagai tekanan yang ringan hingga lebih bertenaga. 

Gerakan mengangkat dan menekan payudara dengan lembut juga termasuk cara memijat payudara.

Mari simak lebih lanjut manfaat pijat payudara dan cara melakukannya yang benar berikut ini.

Artikel Lainnya: Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Payudara

Manfaat Memijat Payudara

Pijat payudara memiliki banyak manfaat baik untuk penampilan maupun kesehatan Anda, yaitu:

1. Mendeteksi Kanker Payudara

Bila dilakukan bersamaan dengan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), pijat payudara juga merupakan hal yang baik dilakukan. 

Pijatan ini dapat membantu memeriksa adanya benjolan atau kelainan pada payudara, yang merupakan bagian dari deteksi dini kanker payudara.

2. Membantu Melancarkan ASI

Manfaat memijat payudara lainnya ialah turut membantu melancarkan aliran ASI pada ibu menyusui. Memijat payudara secara rutin juga membantu mencegah terbentuknya sumbatan pada kelenjar ASI. 

Lalu, pijat payudara membantu ibu merasa lebih relaks dan nyaman, serta mengurangi rasa nyeri pada payudara.

3. Melancarkan Sistem Limfatik

Jaringan payudara memanjang hingga area di bawah ketiak. Di sana banyak sekali kelenjar getah bening, yang merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. 

Memijat payudara rutin secara tidak langsung turut membantu melancarkan kerja kelenjar limfa ini. 

Memijat payudara sekaligus kelenjar limfa membantu melancarkan proses pembuangan racun yang terkumpul di kelenjar limfa (detoksifikasi), dan membantu melancarkan aliran darah ke jaringan payudara. 

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Kanker Payudara pada Pria

4. Mengencangkan Payudara

Manfaat memijat payudara yang tak kalah penting lainnya adalah mempercantik tampilan payudara, jika pijatan dilakukan rutin. 

Setiap wanita pasti ingin memiliki payudara yang tampak indah dan kencang. Pijatan payudara dipercaya mampu meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara, sehingga membantu payudara menjadi lebih kencang.

Tak hanya itu, penggunaan minyak saat memijat payudara juga membantu meningkatkan elastisitas kulit di sekitar payudara.

5. Meringankan Nyeri Otot Dada

Jika Anda merasakan daerah dada dan payudara terasa nyeri akibat olahraga berat atau aktivitas yang berlebihan, pijatan payudara secara lembut bisa membantu meringankan nyeri. 

Memberikan pijatan lembut bisa membantu mengurangi ketegangan dan memberikan rasa nyaman. Dengan begitu, rasa nyeri pun dapat berkurang.

Untuk penjelasan lengkap seputar manfaat pijat payudara, baca juga artikel berikut: Manfaat Pijat Payudara yang Perlu Anda Ketahui.

Adakah Efek Samping Pijat Payudara?

Pijat payudara aman dilakukan dan sebenarnya tidak ada efek samping. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah penggunaan minyak saat memijat. 

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap minyak pijat tertentu. Untuk itu, sebaiknya gunakan minyak atau krim yang memang biasa Anda gunakan. 

Jika menggunakan produk baru, sebisa mungkin lakukan patch test atau uji alergi sebelum digunakan.

Bagi Anda yang mengidap kanker payudara atau baru menjalani operasi di area payudara, sebisa mungkin hindari pijatan payudara. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau terapis sebelum memijat payudara.

Bagi ibu menyusui yang merasakan keluhan nyeri dan bengkak payudara, diikuti dengan keluhan demam dan menggigil, mungkin saja kondisi ini mengarah ke mastitis

Pijat payudara mungkin membantu meredakan nyeri tersebut. Namun, Anda tetap membutuhkan obat-obatan seperti antinyeri dan antibiotik untuk mengatasi keluhan. Segeralah konsultasikan kondisi dengan dokter. 

Artikel Lainnya: Hal-Hal Tak Terduga Penyebab Payudara Sakit

Cara Memijat Payudara yang Benar dan Aman

Untuk mendapatkan seluruh manfaat pijat payudara, Anda bisa melakukannya secara rutin. Teratur memijat payudara juga bisa menjadi langkah pemeriksaan mandiri untuk mengetahui apakah payudara Anda baik-baik saja.

Pijat payudara nyatanya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan gerakan-gerakan yang cukup sederhana. Anda juga dapat mengajak bahkan meminta bantuan pasangan untuk melakukannya. 

Tak perlu meluangkan waktu lama, cukup 10-15 menit untuk melakukan pijatan payudara. Berikut ini beberapa cara memijat payudara yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Pastikan payudara berada dalam kondisi yang aman untuk dipijat. Kemudian, oles minyak atau krim pada kedua payudara untuk membantu proses pemijatan. Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun.
  2. Fokuskan dahulu pada salah satu payudara. Letakkan satu telapak tangan di atas satu payudara. Pastikan salah satu sisi atau ujung telapak tangan berada di bawah ketiak. Mulai pijat dengan gerakan melingkar dari atas menuju ke arah puting sekaligus berikan tekanan.
  3. Sesuaikan tekanan dengan kekuatan payudara. Jangan membuat payudara merasa sakit dengan menekannya terlalu keras.
  4. Jika ingin melakukan pengecekan apakah ada benjolan yang mungkin berisiko kanker, lakukan pijatan ini sembari berbaring atau berdiri di depan cermin.
  5. Angkat salah satu tangan pada payudara yang ingin diperiksa. Lalu, gunakan tangan yang lainnya untuk memeriksa payudara apakah ada benjolan atau tidak. 
  6. Lakukan pijat payudara dengan gerakan memijat di bagian luar, bawah, dan bagian dalam payudara. Pijat pula area di sekitar puting, kemudian kembali ke ketiak. Arah tekanan dalam pijat payudara adalah mendorong cairan yang ada di jaringan payudara, dari payudara ke ketiak.
  7. Setelah melakukan pijatan pada salah satu payudara, lakukan gerakan yang sama pada payudara yang lainnya. 
  8. Apabila selama pijat payudara Anda menemukan hal yang tak normal misalnya teraba benjolan, segera konsultasikan dengan dokter.

Selain berguna untuk deteksi dini kanker payudara, pijat payudara membuat Anda dapat lebih waspada jika ada perubahan pada payudara. Segera konsultasikan dengan dokter apabila merasa ada yang tak normal saat melakukan pijatan payudara.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar cara memijat payudara, konsultasi dengan dokter via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. 5 Benefits of Breast Massage.
  • Medical News Today. Diakses 2022. How and when breast massage may help.

0 Komentar

Belum ada komentar