Sukses

Badan Lemas Saat Hamil, Normalkah?

Badan lemas sering dialami wanita hamil saat kehamilan trimester pertama dan ketiga karena beberapa hal berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh wanita mengalami banyak perubahan saat hamil, mulai dari perubahan bentuk tubuh sampai kekuatan fisik. Saat hamil, banyak wanita cenderung mengalami badan lemas yang dapat mengganggu produktivitas.

Badan lemas sering dialami wanita hamil saat kehamilan trimester pertama dan ketiga. Pada trimester pertama, badan lemas terjadi akibat dari perkembangan janin yang begitu cepat. Pada saat itu, tubuh memproduksi hormon progesteron yang sangat tinggi. Hormon inilah yang berkaitan dengan badan lemas saat hamil.

Sedangkan penyebab badan lemas saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga yaitu janin yang berkembang semakin besar di dalam rahim. Hal ini akan membuat wanita hamil merasa berat saat berjalan, cepat lelah, dan tidur tak nyenyak.

Untuk mengatasi badan lemas saat hamil, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal, salah satunya yaitu mencoba untuk tidur siang. Hal ini ampuh untuk mengembalikan stamina Anda.

Untuk menjaga stamina, Anda juga perlu berolahraga secara teratur. Anda cukup berolahraga ringan dengan berjalan santai selama 30 menit, sebanyak 3-4 kali seminggu. Tapi ingat, jangan memaksakan diri untuk berolahraga berat.

Di samping itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan kaya gizi. Pastikan pula porsi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Mengonsumsi air putih dalam porsi yang cukup sangat penting agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Bila Anda masih merasakan badan lemas yang berlebihan saat hamil, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar