Sukses

Sering Bercinta Bikin Susah Hamil, Mitos Atau Fakta?

Sering bercinta bagi pasangan pengantin baru adalah hal wajar. Namun benarkah hal tersebut justru membuat wanita susah hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Banyak pasangan suami istri yang baru menikah ingin segera memiliki anak. Untuk mewujudkannya, mereka menambah frekuensi bercinta menjadi tiga kali dalam sehari atau lebih. Namun, ada anggapan bahwa sering bercinta justru membuat wanita susah hamil. Benarkah?

Sering bercinta sebenarnya tidak menurunkan kemungkinan hamil. Namun, bila sedang merencanakan kehamilan dengan pasangan, Anda tidak perlu melakukannya sesering mungkin. Faktanya, berhubungan seksual dengan jeda beberapa hari justru akan membantu tubuh memproduksi sperma berkualitas baik.

Jika sperma berkualitas baik tersebut bertemu sel telur pada masa ovulasi, maka kemungkinan hamil akan lebih besar.

Pada beberapa pria dengan kondisi sperma yang kurang maksimal, berhubungan seksual terlalu sering akan berdampak pada kualitas sperma. Hal ini terjadi karena minimnya waktu pembentukan dan penyempurnaan sperma sebelum dikeluarkan melalui ejakulasi.

Spermatogenesis atau tahapan sperma untuk mencapai kematangan penuh membutuhkan waktu 60-70 jam atau sekitar dua sampai tiga hari. Sehingga disarankan untuk berhubungan seks dua sampai tiga hari sekali.

Selain itu, bila ingin cepat hamil, Anda dan pasangan perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti di bawah ini:

  1. Menghentikan kebiasaan mengonsumsi obat-obatan terlarang, alkohol dan merokok.

  2. Menghindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas.

  3. Mencatat masa subur secara rutin. Jika sudah, Anda bisa melakukan hubungan intim di sekitar masa subur.

  4. Menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi.

  5. Menghindari diet berlebihan.

  6. Mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

  7. Menghindari stres psikologis dan mengurangi beban pikiran, terutama beban pikiran ingin memperoleh keturunan secepatnya. Anda perlu menjalani hidup dengan santai dan bahagia.

Jadi, dengan sering bercinta bukan berarti akan meningkatkan kemungkinan hamil. Bila terlalu sering, pematangan sperma justru kurang maksimal, sehingga Anda dan pasangan susah hamil.

[BA/RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar