Sukses

Redakan Nyeri Menstruasi dengan Minum Susu

Nyeri haid bisa mengganggu aktivitas. Tenang, susu dipercaya dapat meredakannya. Bagaimana minum susu dapat mengatasi nyeri haid? Ini faktanya.

Nyeri menstruasi (dismenorea) merupakan salah satu keluhan saat haid yang paling sering muncul. Penyebabnya beragam, bisa dipicu oleh kondisi endometriosis atau bahkan tidak berkaitan dengan penyakit sama sekali.

Keluhan menstruasi ini sering dihubungkan dengan prostaglandin. Sel-sel endometrium yang menyusun lapisan dalam rahim memproduksi prostaglandin sebelum Anda menstruasi. Saat haid, sel ini akan pecah sehingga sejumlah prostaglandin akan dilepaskan.

Keluarnya zat tersebut menyebabkan pembuluh darah di rahim mengecil dan kontraksi pun muncul. Akibatnya, timbul rasa nyeri dan kram saat menstruasi. Selain itu, prostaglandin juga dapat masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan keluhan lain, seperti pusing, mual dan muntah.

Jadi, keluhan nyeri menstruasi normal bisa disebabkan oleh perubahan tubuh saat haid. Tetapi, ada juga keluhan nyeri haid yang tidak normal dan itu diakibatkan oleh adanya penyakit di bagian organ reproduksi.

Artikel Lainnya: Ampuhkah Obat Herbal Atasi Nyeri saat Menstruasi?

1 dari 3 halaman

Manfaat Susu untuk Mengatasi Nyeri Haid

Ada berbagai cara untuk meredakan nyeri haid, mulai dari kompres hangat di area yang nyeri hingga mengonsumsi obat antinyeri. Namun ternyata, Anda juga bisa minum susu untuk membantu meredakan nyeri haid.

Beberapa studi membuktikan bahwa susu dapat membantu meredakan nyeri saat haid. Susu selama ini dikenal sebagai salah satu produk yang tinggi akan kalsium. Nah, zat kalsium inilah yang bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri menstruasi.

Meski alasan pastinya belumTanya Dokter jelas, diperkirakan otot yang kekurangan kalsium akan ‘tegang’ hingga dapat memicu kram. Rahim sendiri merupakan suatu organ yang memiliki otot. Itulah sebabnya rahim yang kekurangan kalsium cenderung lebih tegang dan mudah nyeri saat menstruasi.

Sayangnya, wanita dewasa jarang mengonsumsi susu. Sebab, beredar anggapan bahwa susu merupakan minuman untuk anak-anak dan membuat orang dewasa enggan meminumnya. Padahal susu juga memiliki manfaat bagi orang dewasa.

Artikel Lainnya: 7 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid, Bagaimana Caranya?

2 dari 3 halaman

Susu yang Baik Diminum Saat Haid

Tidak semua susu dapat dikonsumsi untuk mengatasi nyeri haid. Untuk menghindari nyeri menstruasi sebaiknya konsumsi susu yang kadar lemaknya rendah. Kandungan lemak berlebih diperkirakan dapat memperburuk gejala nyeri haid.

Agar lebih sehat, Anda dapat mengonsumsi susu putih tawar saja. Sebab, kandungan gula dalam susu yang manis atau memiliki berbagai rasa turut menambah jumlah kalori harian yang Anda konsumsi.

Sayur-sayuran hijau juga merupakan sumber kalsium yang baik. Bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa, sayuran hijau dapat menjadi alternatif untuk meredakan nyeri saat datang bulan.

Solusi lainnya adalah mengonsumsi susu nabati dari kacang kedelai atau almond yang sudah difortifikasi dengan kalsium.

Jadi, kalau Anda sering terganggu dengan rasa nyeri saat menstruasi, coba atasi dengan minum susu. Akan tetapi, kalau nyeri haid yang dirasakan semakin lama bertambah berat, sebaiknya segera periksakan diri lebih lanjut, ya!

Cari tahu informasi kesehatan menarik lainya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi langsung dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar