Perawatan Pria

Minyak Kemiri Bikin Kumis dan Jambang Tumbuh Lebat?

dr. Theresia Yunita, 11 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minyak kemiri dipercaya dapat membuat kumis dan jambang tumbuh lebat. Benarkah?

Minyak Kemiri Bikin Kumis dan Jambang Tumbuh Lebat?

Kumis dan jambang yang tebal identik dengan penampilan gagah dan maskulin. Karenanya, tidak sedikit pria rela melakukan segala cara demi memiliki kumis dan jambang yang tebal, salah satunya dengan mengoleskan minyak kemiri. 

Lalu, benarkah pemakaian minyak kemiri untuk kumis dan jambang bisa bikin pertumbuhannya lebih lebat?

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kumis dan Jambang

Ilustrasi jenggot janggut kumis

Perlu diketahui, pertumbuhan bulu-bulu halus di tubuh, termasuk kumis dan jambang dipengaruhi oleh faktor hormonal dan genetika. Artinya, jika ayah kamu memiliki kumis atau jambang yang lebat, kemungkinan kamu juga demikian.

Nah, mengenai manfaat minyak kemiri untuk melebatkan kumis dan jambang, penelitian menyebutkan bahwa herba ini memang berpotensi memberikan efek tersebut. Sebab, minyak kemiri mengandung asam amino L-ArginineL-Arginine dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan menutrisi folikel (tempat tumbuhnya) rambut.

Oleh sebab itu, penggunaan minyak kemiri untuk rambut bisa membuat pertumbuhannya menjadi cepat lebat. Selain digunakan untuk melebatkan kumis dan jambang, minyak kemiri bisa dipakai untuk melebatkan rambut dan alis sejak bayi hingga dewasa.

Artikel lainnya: Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Kulit

Cara Menumbuhkan Kumis dengan Kemiri

Kemiri

Saat ini di pasaran sudah banyak produk minyak ataupun sampo yang mengandung kemiri dan memang ditujukan untuk melebatkan rambut. Selain membeli produk tersebut, kamu bisa menggunakan minyak kemiri secara langsung untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Cara menumbuhkan kumis dan jambang dengan minyak kemiri bisa dilakukan dengan mengoleskannya dalam jumlah cukup. Oleskan pada area wajah yang ditumbuhi kumis dan jambang. Diamkan selama 1-2 jam, lalu bilas hingga bersih.

Minyak kemiri harus digunakan secara rutin agar hasilnya maksimal. Disarankan, pemakaiannya minimal 1-2 kali sehari setiap kamu hendak mandi. 

Lalu, berapa lama minyak kemiri dapat menumbuhkan kumis dan jambang? Setiap orang tentu akan memperoleh hasil yang berbeda-beda. Ada yang pertumbuhan kumis dan jambangnya terlihat dalam kurun tiga bulan. Ada pula yang dalam enam bulan pemakaian hasilnya baru kelihatan. 

Artikel lainnya: Bisa Dicoba, Cara Mengatasi Diare dengan Kemiri

Selain pakai minyak kemiri, kamu juga perlu mengonsumsi asupan gizi yang dapat mendukung pertumbuhan kumis dan jambang, seperti:

1. Protein

Protein dapat membantu pertumbuhan rambut. Kamu bisa mendapatkan protein dari daging, ayam, tahu, dan tempe.

2. Vitamin B

Vitamin B1 berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Asupan gizi ini bisa kamu peroleh dari jeruk, anggur, semangka, asparagus, brokoli, bayam, daging, dan telur.

3. Vitamin B7

Vitamin B7 berperan dalam pertumbuhan sel-sel rambut. Makanan yang mengandung zat gizi ini adalah wortel, ikan salmon, stroberi, pisang, dan alpukat.

Artikel lainnya: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut yang Jarang Diketahui

Untuk meningkatkan potensi keberhasilan melebatkan kumis dan jambang, kondisi kulit di daerah wajah juga harus dijaga. Selain menggunakan minyak kemiri dan mengonsumsi zat gizi yang dianjurkan, #JagaSehatmu dengan membersihkan wajah dua kali sehari, ya!

Apabila kamu punya pertanyaan lain seputar penggunaan minyak kemiri dan herba lain untuk melebatkan kumis dan jambang, konsultasikan kepada dokter spesialis kulit lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

minyak kemiriKumis LebatJambang Lebat

Konsultasi Dokter Terkait