Sukses

Wajah Pria Berjanggut Lebih Kotor dan Banyak Bakteri?

Tren memanjangkan janggut masih bertahan hingga hari ini. Namun, benarkah wajah pria berjanggut lebih kotor dan banyak bakteri?

Memanjangkan janggut masih menjadi hal yang digemari banyak pria hingga saat ini. Sebab, janggut seakan memberikan kesan maskulin. Wajar saja bila minat pria terhadap tren tersebut semakin tinggi.

Masalahnya, banyak orang menganggap wajah pria berjanggut lebih kotor karena menyimpan lebih banyak bakteri dibandingkan dengan pria yang tidak memilikinya. Apakah itu benar? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1 dari 3 halaman

Pria yang Bercukur Justru Lebih Kotor?

Anggapan pria berjanggut lebih ‘berkuman’ ketimbang dengan pria tanpa janggut kemungkinan didasari oleh bakteri yang dinilai mudah terselip di antara helaian rambut pada janggut. Padahal, terdapat penelitian yang mengungkapkan fakta sebaliknya.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pertumbuhan bakteri pada wajah pria berjanggut dan tanpa janggut tidak jauh berbeda. Bahkan, penelitian tersebut menyatakan bahwa beberapa spesies bakteri justru lebih banyak tumbuh di wajah pria tanpa janggut.

Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Menumbuhkan Kumis dan Jenggot bagi Kesehatan Pria?

Penelitian lain dari The Journal of Hospital Infection juga menunjukkan, staf rumah sakit yang tidak menumbuhkan janggut lebih berisiko tiga kali lipat terpapar bakteri. Bila area janggut mengalami infeksi, akan muncul gejala berupa bintik-bintik kemerahan yang gatal, atau seperti jerawat yang mengeluarkan nanah.

Bercukur dianggap sebagai salah satu aktivitas pemicunya. Para peneliti juga mencurigai adanya hubungan antara perkembangbiakan bakteri dengan luka kecil pada pria dengan wajah yang bercukur rapi.

Bercukur bisa menyebabkan kulit mengalami luka kecil. Pria yang bercukur hingga wajahnya bersih dari janggut akan memiliki kulit yang terpapar lingkungan.

Jika terdapat luka kecil pada kulit akibat bercukur, maka kulit yang terpapar lingkungan ini berisiko lebih besar menjadi tempat kuman berkembang biak. Hal ini tidak terjadi pada wajah pria berjanggut, dengan catatan bahwa janggut dirawat dan dijaga kebersihannya.

2 dari 3 halaman

Jenggot Anda Tetap Harus Dirawat

Bagi pria berjanggut, helai-helai rambut yang tumbuh di wajah ini juga perlu dijaga kebersihannya layaknya rambut di kepala. Wajah pria berjanggut wajib dibersihkan dan dirawat secara rutin bila ingin bebas dari persoalan bakteri.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Ketombe di Kumis dan Janggut

Nah, berikut ini adalah beberapa cara merawat janggut yang bisa Anda praktikkan:

  • Biarkan Janggut Tumbuh

Cara merawat janggut yang pertama adalah membiarkan janggut untuk tumbuh. Meskipun Anda pasti tergoda untuk segera membentuknya, tahan niatan Anda. Para ahli menyarankan untuk menunggu setidaknya sekitar beberapa bulan.

  • Cuci Janggut Menggunakan Sampo

Rajin mencuci janggut juga termasuk salah satu cara untuk merawat rambut. Pastikan Anda mencuci janggut dengan membasuhnya menggunakan sampo. Hindari penggunaan sabun mandi untuk membersihkan janggut karena akan membuatnya menjadi kering.

  • Gunakan Kondisioner

Selain rajin mencucinya, Anda juga disarankan untuk menjaga kelembapan janggut. Setelah dicuci menggunakan sampo, sebaiknya Anda menggunakan kondisioner agar janggut tidak kaku dan lebih halus.

  • Rajin Pangkas Rambut

Jika Anda memiliki janggut panjang, akan lebih baik bila setiap dua bulan sekali Anda memangkas janggut Anda. Bila janggut Anda pendek, pangkas setiap beberapa minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menyingkirkan ujung rambut janggut yang bercabang.

  • Terapkan Gaya Hidup Sehat

Janggut Anda merupakan refleksi dari kesehatan tubuh Anda, sama seperti rambut dan kulit. Jadi, untuk mendapatkan janggut yang sehat, Anda juga harus olahraga teratur, makan dengan gizi seimbang, dan tidur yang cukup.

Walaupun pertumbuhan bakteri pada wajah pria berjanggut cenderung lebih sedikit, cara merawat janggut yang benar tetap harus diperhatikan untuk menjaga kebersihannya. Jika Anda berencana menumbuhkan janggut, ikuti tips merawat janggut di atas agar bisa tumbuh dengan sehat.

Informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasinya sekarang juga!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar