HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi20 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

20 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

dr. Dyah Novita Anggraini, 14 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Cokelat hampir disukai semua kalangan. Selain enak, cokelat juga menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan mood hingga menjaga kesehatan jantung.

20 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, banyak yang gemar makan cokelat. Selain rasanya yang khas dan nikmat, cokelat juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Cokelat merupakan olahan biji kakao yang dipanggang, digiling, lalu dibentuk menjadi cairan, pasta, atau dalam bentuk balok.

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan, vitamin, serta mineral yang baik bagi tubuh. 

Kini sudah banyak cokelat yang diolah dengan penambahan gula, susu, dan lain sebagainya. Alih-alih mendapatkan manfaat cokelat bagi kesehatan, konsumsi cokelat jenis ini justru berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu, jika ingin merasakan manfaat cokelat, konsumsilah dark chocolate tanpa penambahan gula berlebih. Lalu, apa saja manfaat cokelat bagi kesehatan? Berikut di antaranya:

1. Kaya akan Mikronutrien

Cokelat hitam mengandung berbagai macam mikronutrien. Di dalam 100 gr cokelat hitam terdapat 11 gr serat, 12 mg zat besi, 230 mg magnesium, 2 mg mangan, 73 mg kalsium, dan masih banyak lagi.

Selain mengandung delapan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, cokelat juga menyimpan berbagai vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B12, dan vitamin K. 

2. Efek Stimulan bagi Tubuh

Kakao adalah bahan dasar cokelat yang memiliki beberapa komponen dengan efek stimulan bagi tubuh.

Efek stimulan tersebut termasuk kafein, yang merupakan stimulan fisik, pencernaan, dan otak. Cokelat mengandung teobromin, yaitu senyawa yang mirip dengan kafein, namun efeknya lebih lemah.

Senyawa ini bersifat stimulan terhadap sistem saraf pusat sehingga mampu membuat kamu lebih waspada dan terjaga.

3. Meningkatkan Mood

Manfaat cokelat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Ya, cokelat dikenal mampu memperbaiki mood atau suasana hati.

Khasiat cokelat ini diperoleh dari beberapa kandungan cokelat yang memiliki efek antidepresan.

Komponen feniletilamin pada cokelat dikenal dapat meningkatkan mood. Selain itu, magnesium juga memiliki peran untuk menjaga keseimbangan mood agar tetap stabil.

4. Mengandung Antioksidan

Selain sayur dan buah, cokelat juga merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung antioksidan. Bahkan, cokelat mengandung lebih banyak variasi antioksidan ketimbang makanan lain.

Antioksidan yang terkandung di dalam cokelat adalah polifenol, flavanol, katekin, dan sebagainya. Kandungan antioksidan cokelat dapat melindungi sistem kardiovaskular tubuh dan bantu mencegah kanker.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan flavonoid pada cokelat dapat menstimulasi endotelium, yakni dinding arteri untuk memproduksi nitric oxide (NO).

Peran NO sendiri adalah mengirimkan sinyal agar terjadi relaksasi arteri sehingga menurunkan tekanan darah. Inilah alasan mengapa salah satu manfaat cokelat berperan untuk mengontrol tekanan darah.

6. Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) dan Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Manfaat cokelat untuk kesehatan lainnya adalah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. Kakao juga telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL secara signifikan.

Hal tersebut terjadi karena kandungan cokelat, yaitu sterol dan flavanol, dapat masuk ke pembuluh darah dan melindungi lipoprotein dari kerusakan sel.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, secara langsung kokoa berfungsi meningkatkan status kesehatan jantung.

Untuk efek jangka panjang, manfaat cokelat berpotensi menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung

Manfaat makan cokelat yang satu ini juga sudah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal Clinical Nutrition.

Penelitian tersebut menemukan orang yang mengonsumsi cokelat hitam lebih dari 5 kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 57 persen.

8. Meningkatkan Memori Otak

Studi menunjukkan lansia yang diberikan ekstrak kakao dengan kandungan flavonoid tinggi dapat mengalami peningkatan fungsi kognitif yang signifikan. Pasalnya, flavonoid bekerja dengan meningkatkan peredaran darah ke otak.

Selain itu, kandungan kafein dan teobromin di dalam cokelat mampu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. Karena alasan tersebut, manfaat cokelat disebut-sebut dapat meningkatkan memori otak.

9. Membantu Penderita Alzheimer

Sebuah studi menemukan konsumsi cokelat dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada penderita Alzheimer, walaupun efeknya tidak signifikan. 

10. Menghambat Penuaan

Tingginya kadar antioksidan di dalam cokelat dapat membantu menghambat penuaan yang terjadi seiring pertambahan usia.

Penuaan ini bisa tampak dari luar (keriput dan kulit kendur) ataupun yang tidak tampak, seperti penuaan pada sel-sel tubuh.

Lalu, kandungan zat mangan yang tinggi pada kakao juga berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang dihasilkan untuk menjaga kulit tampak muda dan sehat.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cokelat hitam ternyata dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan jumlah atau porsi yang tepat.

Menurut penelitian, cokelat dapat memicu pelepasan hormon yang mengontrol nafsu makan sehingga kamu lebih mudah menurunkan berat badan.

Di dalam saluran pencernaan, cokelat juga dapat berperilaku seperti prebiotik, yaitu sejenis serat yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Semakin banyak bakteri baik di dalam tubuh, maka metabolisme dan penyerapan nutrisi pun meningkat.

12. Membantu Mengurangi Komplikasi pada Kehamilan

Sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam Society for Maternal Fetal Medicine menjelaskan, konsumsi 30 gr cokelat dalam sehari selama kehamilan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Lalu, zat teobromin pada cokelat juga dinilai dapat menurunkan risiko preeklampsia pada ibu hamil, karena dapat merangsang jantung dan membuat pembuluh darah arteri membesar.

13. Memiliki Sifat Antidepresan

Cokelat mengandung serotonin yang dapat membantu mengembalikan mood menjadi baik ketika ada masalah yang sedang dihadapi.

14. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan flavonoid di dalam cokelat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. 

15. Melindungi Kulit dari Paparan Matahari

Coklat mengandung polyphenol yang akan memberikan manfaat baik ke kulit. Menggunakan coklat sebagai perawatan kulit secara rutin telah terbukti memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari, meningkatkan sirkulasi darah, serta memperbaiki tekstur kelembaban kulit.

16. Kesehatan Mata

Coklat mampu menjaga kesehatan mata terutama dark coklat, kandungan flavonoid dapat melindungi pembuluh darah di mata, yang pada gilirannya memperkuat kornea dan retina secara alami. 

17. Mengurangi Nyeri 

Dark coklat mampu mengurangi nyeri sakit pada saat menstruasi. Makan dark coklat sangat efektif pada wanita muda. 

18. Mengurangi Resiko Stroke

Coklat dapat melindungi lapisan pembuluh darah sehingga mencegah pembentukan gumpalan darah yang berbahaya. Gumpalan darah di otak menyebabkan stroke iskemik

19. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Beberapa penelitian menunjukan bahwa dark coklat dapat membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin. Hormon insulin memiliki peran penting dalam mengatur kadar gula.

20. Mengurangi Resiko Diabetes

Makan coklat mampu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Oleh karena itu, konsumsi dark coklat dapat membantu mengurangi kadar gula secara alami. Selain itu, dark coklat juga dapat mendukung penggunaan insulin oleh tubuh. 

Itu dia beberapa manfaat cokelat bagi kesehatan. Meski memiliki banyak kebaikan, kamu perlu mewaspadai efek samping yang terjadi bila cokelat dikonsumsi berlebihan.

Apalagi, sudah banyak cokelat yang diolah dengan penambahan gula, susu, dan lain sebagainya. Alih-alih mendapatkan manfaat cokelat, konsumsi cokelat jenis ini justru berbahaya bagi kesehatan.

Jika kamu punya pertanyaan tentang cokelat atau kesehatan lainnya? Kamu bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui Layanan Tanya Dokter.

Kamu juga bisa menggunakan fitur yang lain seperti Temu Dokter, booking layanan kesehatan dan membeli berbagai obat di KALStore.

Jangan lupa untuk download aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store, untuk terus #JagaSehatmu, ya!

cokelat

Konsultasi Dokter Terkait