Sukses

Cara Ampuh Cegah Kuku Cantengan

Pada kasus tertentu, kuku cantengan bisa menyebabkan luka dan infeksi. Sebelum terjadi, lakukan beberapa pencegahan berikut ini.

Cantengan dapat terjadi karena pertumbuhan kuku yang tidak normal. Kuku seharusnya tumbuh ke luar, tetapi karena beberapa hal malah tumbuh ke dalam sehingga menusuk kulit di sekitar kuku, umumnya di bagian samping kuku.

Kondisi ini bisa menyebabkan luka dan infeksi akibat kuman dan kotoran yang masuk dari alas kaki atau lantai. Untuk menghindari rasa sakit akibat cantengan, Anda perlu tahu cara mencegah kuku cantengan.

1 dari 4 halaman

Penyebab Kuku Cantengan

Cantengan atau kuku kaki tumbuh ke dalam terjadi ketika tepi kuku Anda melengkung dan tumbuh ke kulit di sekitarnya. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan bengkak.

Cantengan sangat umum terjadi, baik pada pria maupun wanita dan paling sering mengenai jempol kaki. Penyebab kuku cantengan, antara lain:

  • Trauma kuku jari kaki, seperti tersandung, tertindih, menendang bola
  • Memakai sepatu atau kaus kaki yang terlalu ketat atau sempit
  • Memotong kuku kaki terlalu pendek
  • Memotong kuku kaki secara miring
  • Postur yang buruk
  • Kebersihan kaki yang tidak terjaga
  • Predisposisi genetik

Artikel Lainnya: Perlukah Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kuku?

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Cantengan Tanpa Operasi

Untuk mencegah infeksi, penting untuk merawat dan mengobati cantengan segera setelah terjadi. Pada kasus ringan mungkin dapat ditangani sendiri dengan terapi rumahan. Sedangkan untuk kasus berat mungkin perlu perawatan medis dengan cara pembedahan.

Untungnya, kebanyakan kasus cantengan dapat diobati sendiri dengan terapi rumahan. Cara mengobati kuku cantengan tanpa operasi, di antaranya:

  • Rendam dengan Air Hangat

Merendam kuku cantengan dengan air hangat dapat menjadi obat cantengan alami. Rendamlah tangan atau kaki Anda sekitar 15-20 menit, tiga hingga empat kali sehari. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan pada kuku. Jangan lupa keringkan kaki setelahnya.

  • Oleskan Antibiotik Topikal

Cara mengobati cantengan lainnya adalah dengan mengoleskan antibiotik topikal. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Artikel Lainnya: Kuku Cantengan pada Bayi, Atasi dengan 4 Cara Ini

  • Konsumsi Obat Anti Nyeri Bila Perlu

Obat anti nyeri bisa menjadi cara mengobati kuku cantengan. Terutama jika nyeri sudah sangat mengganggu. 

  • Gunakan Alas Kaki Terbuka Hingga Cantengan Sembuh

Pada kuku kaki yang cantengan, penting untuk menggunakan alas kaki terbuka guna mencegah lembap muncul. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kaki agar tetap kering.

3 dari 4 halaman

Lakukan Ini untuk Mencegah Kuku Cantengan

Agar tidak mengalami kondisi kuku cantengan, lakukan beberapa cara mencegah kuku cantengan berikut ini:

  1. Potong Kuku Secara Teratur dan Rutin

Anda perlu memotong kuku secara teratur dengan arah yang benar. Hindari memotong kuku terlalu bersudut dan terlalu pendek. Lakukan ini secara rutin setiap minggu.

Saat memotong, pakailah gunting kuku yang bersih. Sebelum itu, Anda bisa membasahi kuku terlebih dahulu supaya lebih lunak untuk dipotong.

Artikel Lainnya: Cantengan Bisa Sembuh dengan Direndam Air Garam?

Jika Anda melakukan perawatan manikur dan pedikur di salon, pastikan salon tersebut melakukannya secara profesional dengan alat yang higienis.

  1. Pastikan Kuku Tidak Terlalu Panjang atau Pendek

Menggunting kuku terlalu pendek dapat menyebabkan kuku tumbuh ke arah dalam, terlebih kuku kaki, karena kuku akan terkena tekanan dari sepatu. Oleh karena itu, pastikan Anda memotong kuku dengan ukuran yang tepat.

  1. Gunakan Ukuran Sepatu yang Pas

Sepatu yang terlalu sempit akan memberikan tekanan berlebih pada jari kaki, sehingga bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam jaringan. Pastikan ruangan di area jari-jari kaki cukup lebar.

  1. Jaga Kebersihan Kuku Tangan dan Kaki

Cuci kaki dan tangan dengan sabun setelah memotong kuku agar bakteri tidak menempel. Hindari pula kebiasaan menggigiti kuku atau mencabuti kulit mati di sekitar kuku.

  1. Gunakan Pelindung Kaki

Cara mencegah kuku cantengan lainnya adalah dengan menggunakan pelindung kaki. Hal ini dilakukan jika kegiatan atau pekerjaan Anda berisiko mencederai jari kaki.

  1. Periksa Kesehatan Kaki Secara Rutin

Cara mencegah kuku cantengan pada penderita penyakit diabetes atau gangguan saraf adalah dengan memeriksa kesehatan kaki secara rutin. Hal ini dilakukan karena sering kali saraf-saraf penderita sudah mengalami kerusakan sehingga sensasi rasa dan raba pun berkurang.

Kuku cantengan yang tidak ditangani dengan baik berisiko menyebabkan infeksi. Yuk, cegah kuku cantengan sebelum terjadi. Selain itu, bila ada keluhan setelah mencoba cara mengobati kuku cantengan di atas, sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter terdekat. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar