Sukses

Tak Sekadar Enak, Makanan Kekinian Ini Juga Aman bagi Kesehatan

Pilihan makanan kekinian ini tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga kesehatan Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Dunia kuliner selalu berkembang dari masa ke masa. Ada saja restoran dan bisnis makanan baru yang menyajikan makanan unik. Terlebih di era digital sekarang, di mana Anda bisa memesan makanan secara online. Tentunya ini memanjakan para pencinta makanan yang selalu berburu makanan kekinian.

Namun sayangnya, tak sedikit dari makanan kekinian tersebut yang tidak sehat. Ada Anda bisa menemukan makanan dengan kandungan gula yang tinggi atau digoreng dengan minyak ala kadarnya.

Agar tetap sehat sambil terus menyenangkan lidah, pilihlah makanan kekinian yang lebih terjamin. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda coba:

Overnight Oats

Oatmeal tidak harus kelihatan polos dan membosankan. Ada cara nikmat lain untuk mengonsumsinya, yakni dengan overnight oats.

Overnight oats merupakan istilah untuk oatmeal yang dibuat pada malam hari dan didiamkan semalaman di kulkas. Proses ini membuatnya lebih lembut saat disantap keesokan pagi atau siang.

Bahan-bahan utama overnight oats terdiri atas oats dan susu atau yogurt. Bisa juga ditambahkan biji chia, buah-buahan, sirop, cokelat, dan sebagainya. Jika ingin lebih sehat, pilihlah sirop bebas gula dan dark chocolate.

Makanan ini banyak dijajakan di Instagram sebagai menu sarapan yang praktis, sehat, dan mengenyangkan. Biasanya disajikan dalam toples kaca berukuran kecil agar dapat dibawa ke mana-mana.

Tahu Bulat

Jajanan murah meriah ini memang sedang ngehits. Selain karena murah meriah, nyanyian dari pengeras suaranya membuat orang mudah mengenalnya. Namun, apakah makanan ini tergolong sehat?

Jika Anda sedang menjalani program diet atau ingin menurunkan kolesterol, sebaiknya bikin saja tahu bulat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menggorengnya dengan minyak yang lebih sehat, seperti minyak kanola atau minyak jagung.

Minyak kanola dan minyak jagung memiliki titik didih yang tinggi sehingga cocok digunakan untuk menggoreng. Perbedaannya, kandungan lemak jenuh minyak kanola lebih rendah, menjadikannya baik untuk menurunkan kolesterol sekaligus risiko penyakit jantung.

Meskipun digoreng dengan minyak yang baik, jika konsumsinya berlebihan maka efeknya sama saja. Jadi, makanlah tahu bulat secukupnya, ya!

Keju

Kini semua orang sedang demam keju! Bagaimana tidak, hampir setiap makanan yang tersaji di restoran-restoran pasti dilapisi keju. Mulai dari mi, piza, hingga martabak.

Bagi pencinta keju, Anda tak perlu takut kolesterol meningkat gara-gara makanan ini. Studi yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, pemakan keju memiliki total kolesterol yang lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi mentega.

Mengapa bisa demikian? Hal ini diduga karena keju mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Selain itu, keju memiliki enzim angiotensin-converting yang mampu ‘menenangkan’ tekanan darah. Dengan rendahnya tekanan darah, maka risiko terkena penyakit jantung akan sangat berkurang.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari keju, hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Jika terlalu banyak malah bisa membuat timbangan naik dan kolesterol melonjak!

Makanan- makanan kekinian tersebut tak hanya enak, tetapi juga menyehatkan. Anda pun tak perlu khawatir diet gagal atau kadar kolesterol naik. Jadi, ingin makan apa hari ini?

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar