HomeInfo SehatKulit12 Pilihan Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit
Kulit

12 Pilihan Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

Siti Putri Nurmayani, 18 Sep 2023

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin kulit kencang, halus, dan bersinar? Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung kolagen. Apa saja? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

12 Pilihan Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang halus, sehat, dan kencang tentunya menjadi idaman bagi semua orang, terutama kaum wanita. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu mencukupi kadar kolagen dalam tubuh.

Kolagen merupakan sejenis protein yang dapat membantu meningkatkan kekuatan kulit, elastisitas, kehalusan, dan ketahanan. Manfaat kolagen seperti dapat membuat kulit jadi lebih cerah, rambut berkilau, serta kuku yang kuat.

Seiring bertambah usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun. Hal ini dapat membuat kulit menjadi keriput dan kendur. Namun tak perlu khawatir, ada sejumlah makanan yang mengandung kolagen. Berikut berbagai makanan yang bisa meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh: 

1. Daging Ayam

Daging ayam tanpa kulit (ShaikhMeraj/Shutterstock)

Selain sebagai sumber protein, daging ayam juga merupakan salah satu sumber kolagen alami yang baik untuk tubuh. 

Dikutip dari Clinical Interventions in Aging, bagian leher dan tulang rawan ayam telah terbukti dapat digunakan sebagai sumber kolagen untuk mengobati radang sendi.

2. Ikan

Ikan menjadi pilihan makanan yang mengandung kolagen tinggi. Pasalnya, bagian tulang dan ligamen ikan terbuat dari kolagen. 

Beberapa orang bahkan percaya bahwa makanan laut mengandung kolagen alami yang paling mudah untuk diserap oleh tubuh. 

Dianjurkan untuk konsumsi ikan sarden atau fillet ikan salmon beserta kulitnya untuk membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: 13 Cara Jitu Menghaluskan Kulit Wajah, Wajib Coba di Rumah!

3. Kaldu Tulang

Ini Dia 7 Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan (Madeleine-Steinbach/Shutterstock)

Kaldu tulang menjadi sumber kolagen terbesar yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. 

Menurut ahli diet asal Amerika Serikat, Katey Davidson, kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat yang mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan sejumlah nutrisi lainnya. 

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu perlu merebus tulang hewan dan jaringan ikat dalam waktu yang cukup lama. Hewan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kaldu tulang di antaranya adalah ayam, sapi, kalkun, dan rusa. 

4. Putih Telur

Meski telur tidak mengandung kolagen yang banyak, namun putih telur mengandung prolin di dalamnya. 

Prolin merupakan salah satu jenis asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen. 

5. Buah Citrus

Buah citrus menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung kolagen. Pasalnya, jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali mengandung vitamin C yang berperan besar dalam produksi kolagen. 

Berdasarkan Nutrients Journal, vitamin C dapat mendukung sintesis serat kolagen yang baik untuk kesehatan kulit. 

Artikel Lainnya: Manfaat Vitamin C dan E untuk Kulit, Lebih Penting Mana?

6. Tomat

Selain citrus, tomat juga menjadi sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Disampaikan dr. Devia Irine Putri, vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen. 

“Selain itu, tomat juga berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan likopen yang ada di dalam tomat,” tuturnya. 

7. Sayuran Hijau

Benarkah Sayuran Hijau Bisa Turunkan Risiko Depresi? (svl861/123rf)

Sayuran berwarna hijau tua merupakan jenis makanan yang menjadi agen penghasil kolagen. Jenis sayur yang mengandung kolagen di antaranya adalah bayam, kol, dan kangkung. 

Makan sayuran hijau secara rutin bisa membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit. 

Artikel Lainnya: Prosedur dan Manfaat Suntik Kolagen, Buat Wajah Awet Muda!

8. Buah Berry

Buah berry adalah salah satu contoh makanan mengandung kolagen. Baik raspberry, blueberry, dan blackberry, buah-buah ini mengandung lebih banyak vitamin C yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi kolagen.

Selain itu, buah berry juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. 

9. Kacang

Ingin Ngemil dan Tetap Langsing?  Makan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakanan makanan tinggi protein yang mengandung asam amino. Pada dasarnya, asam amino diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. 

Selain itu, kacang juga mengandung tembaga yang dapat meningkatkan produksi kolagen. 

10. Jus Lidah Buaya

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam The Journal of Dermatology, mengonsumsi jus lidah buaya dalam dosis rendah dapat meningkatkan kandungan kolagen pada lapisan dermis kulit. 

Selain itu, asupan lidah buaya sebanyak 40 mikrogram juga bisa membantu meningkatkan fungsi penghalang kulit, kelembapan, serta elastisitas kulit. 

Artikel Lainnya: 6 Cara Atasi Kulit Wajah yang Mengelupas Agar Halus Kembali

11. Paprika

manfaat paprika

Paprika menjadi salah satu pilihan terbaik untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh. Soalnya, sayuran ini kaya akan vitamin C yang bisa membantu produksi kolagen. 

Selain itu, paprika juga mengandung capsaicin, senyawa anti-inflamasi yang dapat memerangi tanda-tanda penuaan tubuh. 

12. Bawang Putih

Selain menambah cita rasa masakan, ternyata bawang putih juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. 

Bawang putih mengandung belerang yang tinggi. Mineral ini berperan dalam sintesis kolagen dan mencegah kerusakan kolagen dalam tubuh. 

Untuk mendapatkan manfaat kolagen dari bawang putih, kamu perlu mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang banyak. 

Selain bermanfaat untuk kulit, mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen juga dapat memberikan dampak baik untuk tulang, otot, jantung, rambut, dan kuku. Namun, tetap #JagaSehatmu dengan mengimbanginya bersamaan dengan pola hidup sehat. 

Bila masih punya pertanyaan seputar kolagen, jangan sungkan untuk bertanya dengan dokter spesialis kulit lewat layanan Tanya Dokter dan kamu bisa juga cari layanan kecantikan di aplikasi KlikDokter!

(NM)

Makanan KolagenKolagen

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter