Sukses

Mandi Malam Hari, Harus Pakai Air Hangat atau Dingin?

Saat mandi di malam hari, mana yang lebih baik bagi kesehatan: Air hangat atau dingin?

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin pernah bertanya-tanya, mana yang lebih baik untuk kesehatan, mandi air dingin atau mandi air hangat? Sebenarnya, manfaat medis air dengan berbagai suhu yang berbeda untuk kesehatan sudah dikenal sejak lama. Istilah yang lebih sering digunakan untuk hal ini adalah hydrotherapy.

Suhu air memiliki peran penting dalam hydrotherapy. Pasalnya, suhu air yang berbeda dapat memengaruhi tubuh manusia secara berbeda. Baik air hangat maupun dingin, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Air Dingin
Mandi air dingin akan memberikan sensasi kesegaran pada tubuh Anda. Selain itu, mandi air dingin juga biasanya mampu membuat Anda lebih bersemangat dan membantu menghilangkan kantuk.

Selain itu, paparan terhadap air dingin (14°) juga merangsang pengeluaran berbagai hormon, seperti noradrenalin dan dopamin. Paparan terhadap air dingin akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah ke kulit, yang bertujuan untuk mempertahankan suhu pada daerah tersebut.

Manfaat air dingin juga dapat lebih dirasakan jika diaplikasikan dengan pengompresan. Air dingin membantu mengurangi rasa nyeri pada luka dan pembengkakan.

Air Hangat

Mandi air hangat dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. Air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat Anda merasa lebih santai.

Lelah dan stres dengan berbagai beban pekerjaan dan hidup? Berendamlah dengan air panas yang telah diberi sentuhan aromaterapi. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat stres.

Tapi, hati-hati! Ingatlah bahwa yang Anda perlukan adalah air hangat dan bukan air panas. Air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Bahkan Anda sangat disarankan untuk menggunakan pelembab setelah mandi menggunakan air hangat untuk mencegah kulit kering.

Jadi masing-masing suhu air memiliki keunggulan tersendiri bagi kesehatan. Anda bisa memanfaatkan keunggulan masing-masing dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya mandi air dingin di pagi hari dan mandi air hangat untuk malam hari setelah seharian beraktivitas.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar