Sukses

Mandi Malam Hari, Harus Pakai Air Hangat atau Dingin?

Saat mandi di malam hari, mana yang lebih baik bagi kesehatan: air hangat atau dingin?

Padatnya rutinitas harian membuat Anda mau tidak mau tiba di rumah ketika sudah malam, bahkan terkadang hingga larut. Untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas, mandi dapat menjadi pilihan.

Akan tetapi, Anda mungkin pernah bertanya-tanya, apakah boleh mandi malam hari? Dan kira-kira mana yang lebih baik untuk kesehatan, mandi air dingin atau mandi air hangat? 

Mandi Menggunakan Air Hangat atau Air Dingin?

Sebenarnya, manfaat kesehatan air dengan berbagai suhu yang berbeda sudah dikenal sejak lama. Istilah yang sering digunakan untuk hal ini adalah hydrotherapy.

Suhu air memiliki peran penting dalam hydrotherapy. Pasalnya, suhu air yang berbeda dapat memengaruhi tubuh manusia secara berbeda pula. Namun, baik air hangat maupun dingin, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, terutama ketika digunakan untuk mandi di malam hari.

Manfaat mandi malam hari dapat membantu Anda untuk tidur. Setelah Anda mandi menggunakan air hangat, tubuh akan berusaha untuk menurunkan suhu tubuh basal sehingga membuat Anda lebih mudah untuk tidur. Mandi sebelum tidur juga membuat tubuh lebih rileks sehingga Anda lebih mudah untuk terlelap.

Artikel Lainnya: Mandi Malam Sepulang Kerja, Apa Risikonya bagi Kesehatan?

1 dari 4 halaman

Air Dingin

Mandi dengan menggunakan air dingin akan memberikan berbagai manfaat untuk Anda, di antaranya:

  1. Memberikan sensasi kesegaran pada tubuh.
  2. Mampu membuat Anda lebih bersemangat.
  3. Membantu menghilangkan kantuk. 
  4. Merangsang pengeluaran berbagai hormon, seperti noradrenalin dan dopamin. Kondisi ini menyebabkan pelebaran pembuluh darah ke kulit yang bertujuan untuk mempertahankan suhu pada daerah tersebut.
  5. Air dingin dapat membuat tubuh berusaha untuk menghangatkan diri sehingga metabolisme tubuh akan dipercepat dan sistem kekebalan tubuh akan diaktifkan. 
  6. Mandi dengan air dingin memiliki manfaat untuk kulit. Air dingin akan memperkecil pori-pori kulit.
  7. Suhu dingin akan mempersempit pembuluh darah sehingga peredaran darah lebih cepat. 

Tak hanya itu, manfaat mandi malam dengan air dingin juga dapat mengurangi rasa nyeri pada luka dan pembengkakan. Manfaat ini dapat lebih dirasakan jika diaplikasikan dengan pengompresan.

Akan tetapi, Anda perlu waspada mengenai bahaya mandi dengan air dingin di malam hari karena bisa saja menimbulkan nyeri sendi. Meskipun sering dikaitkan dengan rematik, nyeri sendi akibat mandi malam bukan berarti Anda menderita rematik.

Artikel Lainnya: Setelah Kehujanan, Perlu Mandi Air Hangat atau Air Dingin?

2 dari 4 halaman

Air Hangat

Mandi malam hari dengan air hangat memiliki beragam manfaat untuk Anda, seperti:

  1. Menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. Air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat Anda merasa lebih santai.
  2. Mengurangi tingkat stres. Anda dapat menghilangkan lelah dan stres dengan berendam menggunakan air hangat yang telah diberi sentuhan aromaterapi.
  3. Mandi malam hari dengan air hangat dapat menurunkan tingkat kecemasan Anda. 
  4. Memunculkan ide kreatif. Hal ini terjadi akibat kecemasan Anda mereda dan jalan keluar dari masalah Anda terpikiran.

Akan tetapi, sebelum mandi atau berendam dengan air hangat, Anda harus berhati-hati. Ingatlah bahwa yang Anda perlukan adalah air hangat dan bukan air panas. Bahaya mandi dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Bahkan, Anda sangat disarankan untuk menggunakan pelembap setelah mandi menggunakan air hangat untuk mencegah kulit kering.

Artikel Lainnya: Bisa Dicoba, Ini Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

3 dari 4 halaman

Jadi, Lebih Baik Mana?

Mandi malam hari dengan air panas atau air dingin memiliki manfaat yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba menggunakan air panas dan air dingin secara bergantian untuk mengetahui kecocokan antara tubuh Anda dengan suhu air.

Namun, jika Anda ingin lebih mudah terlelap saat tidur, sebaiknya Anda menggunakan air hangat saja. Perlu diingat, jangan menggunakan air yang terlalu panas. Air yang terlalu panas justru membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke suhu tubuh basal, yakni sekitar 60 sampai 90 menit.

Jadi, masing-masing suhu air memiliki keunggulan tersendiri bagi kesehatan. Anda bisa memanfaatkan keunggulan tersebut dalam aktivitas sehari-hari, misalnya mandi pagi dengan air dingin dan mandi malam dengan air hangat setelah seharian beraktivitas. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar