Sukses

Cara Mendeteksi Kerupuk yang Digoreng Pakai Plastik

Beredar berita tentang kerupuk yang digoreng dengan plastik. Adakah cara untuk mendeteksinya?

Klikdokter.com, Jakarta Orang Indonesia mana yang tak kenal kerupuk. Selain gurih, teman santap makan ini juga mampu menambah selera.

Belakangan, beredar kabar bahwa kerupuk kerap digoreng dengan plastik. Alhasil, tak sedikit yang khawatir dengan gangguan kesehatan yang dapat diakibatkannya. Pertanyaannya: Bagaimana cara mendeteksinya?

Pertama, mari kenali bahaya plastik bagi tubuh. Plastik dalam makanan yang masuk ke tubuh, sekalipun dalam jumlah sedikit, bisa menyebabkan tubuh bekerja keras untuk mengolahnya. Jika terus terjadi, sistem hormon akan terganggu dan akhirnya risiko berbagai jenis kanker ikut meningkat.

Ada banyak alasan yang digunakan oknum tertentu saat menambahkan plastik pada makanan. Mulai dari masalah tampilan, kemudahan mengemas, hingga tekstur. Pada kerupuk, umumnya plastik digunakan untuk menambah kerenyahannya.

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara mendeteksinya. Anda bisa melihatnya dari tampilan kerupuk tersebut. Kerupuk yang bercampur plastik akan memiliki warna lebih cerah, lebih mengilap, dan memiliki bau tertentu.

Cara lain untuk mendeteksi kandungan plastik pada kerupuk adalah dengan membakarnya. Bila kerupuk yang dibakar berubah warna menjadi sangat hitam, mengilat, dan mengeluarkan aroma tertentu, berarti kerupuk itu mengandung plastik.

Meski demikian, mendeteksi ada atau tidaknya plastik pada kerupuk tidaklah sesederhana itu. Perlu serangkaian pemeriksaan laboratorium untuk benar-benar memastikan ada atau tidaknya kandungan plastik pada kerupuk yang Anda makan.

Kerupuk atau makanan lain yang bercampur plastik memang merisaukan hati. Tetap tenang dan usahakan untuk mengonsumsi makanan yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia, karena sudah jelas keamanannya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar