Sukses

Segudang Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Tidak hanya cantik, ternyata buah delima juga mengandung segudang manfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Buah delima tentu sudah tidak asing di telinga orang Indonesia. Buah yang terkenal dengan warna merah dan rasa yang unik ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Delima, yang memiliki nama ilmiah Punica Granatum, merupakan buah yang di budidaya di daerah Iran, Arab Saudi, Afganistan, India, dan Indonesia. Buah ini mengalami perkembangan pesat ketika dibudidayakan di Perancis, karena bijinya yang sangat banyak.

Buah delima atau yang juga popular dengan sebutan pomegranate ini disebut-sebut memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena mengandung flavonoid. Ini adalah suatu jenis antioksidan kuat, yang berperan dalam menangkal radikal bebas, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Bahkan, peneliti dari Vanderbilt University Medical Center menyebutkan bahwa orang yang minum jus delima sebanyak 3 kali atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 76%.

Tidak hanya sampai di situ. Penelitian dari British Dietetic Association (BDA) pun menyebutkan bahwa buah delima juga bermanfaat untuk:

  1. Mencegah osteoporosis

    Studi tahun 2013 menemukan bukti bahwa delima dapat mencegah osteoporosis. Sayangnya, penelitian ini masih dalam tahap uji coba pada tikus, sehingga perlu studi lanjutan untuk memastikan manfaatnya pada manusia.

  2. Menurunkan risiko kanker prostat

    Riset tahun 2006 menemukan bahwa konsumsi segelas jus buah delima (227ml) setiap hari dapat memperlambat keparahan kanker prostat pada pria secara signifikan. Selain itu juga mencegah kejadian kanker prostat berulang.

  3. Mengurangi risiko kerusakan pembuluh darah

    Pada pasien yang mengalami penyempitan pembuluh darah arteri (stenosis arteri karotis), konsumsi 50 ml jus delima selama tiga tahun dapat mengurangi kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol.

  4. Memperkecil risiko serangan jantung

    Penelitian yang dilakukan pada 45 pasien dengan penyakit jantung koroner mendapatkan hasil bahwa 238ml jus delima yang diberikan setiap hari selama tiga bulan dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Tak hanya itu, tapi juga memperkecil risiko terjadinya serangan jantung.

Sungguh mengejutkan, bukan? Jadi, bila Anda ingin merasakan manfaat di atas, tidak ada salahnya jika ingin menambahkan jus buah delima dalam menu sehari-hari.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar