Sukses

Lidah Buaya dapat Melebatkan Rambut, Mitos atau Fakta?

Sejak dahulu hingga kini, lidah buaya dikenal mampu melebatkan rambut. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Sejak dahulu hingga kini, lidah buaya atau aloe vera dianggap berkhasiat menebalkan rambut. Akan tetapi, sampai sekarang anggapan tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Beberapa penelitian justru menemukan fakta lain tentang manfaat lidah buaya yang tak kalah penting, antara lain:

  1. Melindungi kulit

    Lidah buaya mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Ekstrak lidah buaya juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam.

  2. Anti inflamasi

    Lidah buaya dapat menghambat enzim cyclooxygene yang berperan dalam proses inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Lidah buaya kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E. Kandungan tersebut membuat lidah buaya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

  4. Menangani gangguan konstipasi

    Lateks pada lidah buaya mengandung antrakuinon yang dapat meningkatkan kadar air di dalam saluran pencernaan, sehingga gangguan konstipasi dapat segera ditangani.

  5. Mencegah infeksi virus

    Jika dikonsumsi secara oral, kandungan antrakuinon di dalam lidah buaya dapat menghambat perkembangan beberapa virus, seperti varicella zoostter, herpes dan influenza.

  6. Mencegah tumor

    Lidah buaya dapat menghambat perkembangan tumor. Sampai saat ini, penggunaanya masih dicoba dalam bentuk gel pada salah satu terapi pencegahan kanker melalui kemoterapi.

  7. Melembabkan kulit

    Lidah buaya dapat mencegah kekeringan kulit karena kaya akan mineral, seperti zink, potassium, sodium, selenium, dan kalsium. Beberapa mineral tersebut bisa membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga kulit lebih lembap.

  8. Mencegah penuaan dini

    Lidah buaya mampu merangsang fibroblast yang berperan untuk menghasilkan kolagen dan elastin, sehingga kulit terlihat lebih elastis. Selain itu, lidah buaya berkhasiat mengurangi kerutan di wajah.

  9. Antiseptik

    Lidah buaya mengandung beberapa zat antispetik, yaitu lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamon, phenol, dan sulfur. Keenam zat ini dapat menghambat kerja jamur, bakteri, dan virus saat menginfeksi tubuh.

Lidah buaya memang tidak terbukti dapat menebalkan rambut. Namun, berdasarkan fakta di atas, lidah buaya terbukti dapat mengatasi beberapa penyakit, antara lain luka bakar, jerawat, diabetes, sariawan, konstipasi, bahkan bisa digunakan untuk pencegahan kanker.

Ingat pula, lidah buaya tidak aman dikonsumsi anak di bawah usia 12 tahun, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan riwayat penyakit ginjal serta gangguan pencernaan.

(BA)

1 Komentar