Sukses

Kiat Panjang Umur dari 3 Negara

Tahukah Anda, penduduk di 3 negara di bawah ini memiliki harapan usia hidup yang cukup panjang. Apa rahasia panjang umur mereka?

Klikdokter.com, Jakarta Berdasarkan kompilasi data WHO tahun 2015 penduduk di 3 negara berikut ini memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Inilah 3 negara yang penduduknya paling panjang umur beserta kiat-kiatnya:

  1. Kora Selatan

    Tak hanya terkenal dengan rahasia kecantikan kulitnya, Korea Selatan ternyata juga memiliki rahasia untuk panjang umur. Wanita di Korea Selatan memiliki usia harapan hidup hingga 84 tahun. Secara umum, usia harapan hidup pria dan wanita Korea Selatan adalah 81,4 tahun.

    Walaupun terkenal sebagai negara asal tren makan ‘mukbang’, atau makan dalam jumlah yang sangat banyak dan menyiarkannya di layar kaca, rata-rata indeks massa tubuh warga Korea tetap bisa terjaga.

    Rahasia utama warga Korea Selatan, adalah tingginya konsumsi sayur dalam pola makan sehari-hari. Warga Korea Selatan mengonsumsi 2x lebih banyak sayur dibandingkan dengan warga negara lain di dunia. Hal ini didukung dengan produksi pertaniannya yang tinggi, hingga 222kg sayuran untuk kebutuhan per orang setiap tahunnya.

    Selain konsumsi sayuran, rahasia lain warga Korea Selatan adalah makanan hasil fermentasi sebagai makanan pendamping utama. Kimchi –salah satu makanan khas Korea Selatan berupa masakan kubis pedas terfermentasi, merupakan menu yang di makan hampir setiap saat. Jenis masakan ini kaya akan lactobacillus, bakteri baik yang membantu meningkatkan imunitas dan baik untuk pencernaan.

  2. Italia

    Berhenti merokok, inilah yang sedang tren di negara Italia dan menjadi salah satu rahasia warganya untuk berumur panjang. Hingga tahun 2006, angka perokok di Italia terus menurun dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Usia harapan hidup penduduk  Italia pun mencapai 82,9 tahun.

    Salah satu kiat lainnya adalah menjalani diet mediterania. Diet mediterania di Italia berjalan dengan sendirinya karena adanya pergeseran tren menu makanan pada tahun 1960-an. Sejak saat itu, warga Italia lebih banyak mengonsumsi ikan segar, sayur, dan buah-buahan dan mulai mengintegrasikannya ke dalam berbagai masakan mereka. Warga Italia juga lebih banyak memasak dengan menggunakan minyak zaitun dibandingkan dengan minyak lainnya.

    Selain makanan yang sehat, diet mediterania juga mengubah cara warga Italia minum minuman beralkohol. Tradisi minum anggur di Italia, bergeser menjadi hanya minum anggur sebagai pendamping makan berat, yang berhasil menurunkan angka konsumsi alkohol di negara ini.

  3. Jepang

    Terkenal sejak dulu dengan angka harapan hidupnya yang tinggi, Jepang masih menduduki posisi pertama di tahun 2015 dengan angka harapan hidup hingga 83.7 tahun. Tak hanya panjang umur, lansia di Jepang juga memiliki hidup yang produktif dengan tubuh yang relatif bugar untuk seusianya.

    Rahasia warga Jepang untuk berumur panjang sudah banyak diteliti dan mulai diterapkan oleh warga dari berbagai belahan dunia lain. Salah satu rahasia berumur panjang ala Jepang ternyata cukup sederhana, yaitu pola diet dan aktivitas yang seimbang.

    Sebagai negara kepulauan, Jepang memiliki sumber pangan laut yang tinggi. Konsumsi ikan sebagai bagian dari diet sehari-hari merupakan salah satu faktor yang berperan penting pada tingginya angka harapan hidup warga Jepang.

    Selain itu, hidup masyarakat Jepang yang sarat akan kesederhanaan juga tercermin dalam masakannya. Masakan khas Jepang tidak menggunakan banyak garam dalam racikan bumbunya, sehingga menurunkan resiko hipertensi dan penyakit ginjal. Selain makanan, budaya Jepang juga erat dengan konsumsi teh hijau yang kaya antioksidan dan memiliki banyak efek baik untuk tubuh, seperti melancarkan pencernaan dan mengurangi resiko penyakit jantung.

    Masyarakat di Jepang juga memiliki rata-rata indeks massa tubuh yang lebih rendah dibanding rata-rata di negara benua Eropa. Hal ini berkaitan dengan mobilitas warga Jepang yang terbilang tinggi dalam aktivitas sehari-harinya, dibantu dengan tata kota yang baik sehingga berjalan kaki dan berolahraga menjadi lebih nyaman.

Itulah tadi kiat hidup panjang umur dari Korea Selatan, Italia, dan Jepang. Rupanya cukup sederhana, hampir semua berkisar di pola makan yang baik dan olahraga yang cukup. Anda bisa mencobanya di rumah bersama keluarga, dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga kondisi di Indonesia.

(DA/MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar