Sukses

Hindari Minum Teh saat Haid, Ini Alasannya

Hindari minum teh saat haid! Bukan tanpa alasan, hal ini demi mencegah risiko efek samping yang merugikan kesehatan. Ini fakta medis selengkapnya.

Teh adalah minuman favorit yang biasanya dinikmati saat pagi ataupun sore hari. Bukan hanya nikmat, konsumsi teh dengan cara dan porsi yang tepat juga bisa mengundang banyak manfaat kesehatan.

Sayangnya, Anda yang sedang datang bulan tidak dianjurkan untuk minum teh, apalagi dalam jumlah berlebihan. Bukannya bermanfaat, minum teh saat haid malah dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

1 dari 3 halaman

Bahaya Minum Teh saat Haid

Haid atau menstruasi merupakan kondisi luruhnya dinding rahim karena tidak ada sel telur yang dibuahi oleh sperma. Hal ini menyebabkan keluarnya darah dari vagina, yang biasa terjadi sebulan sekali.

Haid biasanya disertai dengan keluhan nyeri. Beberapa wanita beranggapan, teh dapat bantu mengatasi kondisi ini. Padahal, fakta medis berkata sebaliknya; minum teh saat haid adalah hal yang tidak dianjurkan.

Artikel Lainnya: Minum Obat Diet Bikin Haid Tidak Lancar, Apa Penyebabnya?

Berikut ini beberapa efek minum teh saat haid yang bisa merugikan kesehatan:

  1. Meningkatkan Risiko Anemia

Darah yang keluar saat haid perlu diganti alias diproduksi ulang oleh tubuh. Satu-satunya cara agar tubuh mampu memproduksi sel darah merah adalah dengan memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Jika Anda minum teh saat haid, penyerapan zat besi dari makanan ke tubuh akan terganggu akibat zat tanin di dalamnya. Akibatnya, pembentukan sel darah merah yang baru pun ikut terganggu. Jika ini dibiarkan, risiko Anda terkena anemia atau kurang darah akan meningkat.

  1. Gangguan Suasana Hati

Teh juga mengandung kafein yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi kafein saat haid dapat meningkatkan risiko kecemasan, stres, dan gelisah. 

Dengan kata lain, konsumsi teh saat haid malah bikin suasana hati Anda semakin berantakan.

  1. Perut Kembung dan Mual

Kadar hormon yang naik turun saat haid dapat menyebabkan keluhan perut kembung dan mual. Ini karena hormon estrogen yang meningkat turut mempengaruhi reseptor estrogen di perut, sehingga menghasilkan banyak gas.

Jika Anda minum teh saat haid, kandungan tanin di dalamnya dapat mengiritasi jaringan saluran pencernaan sehingga menambah gejala rasa tidak nyaman di perut. 

Artikel Lainnya: Minum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?

2 dari 3 halaman

Cara Minum Teh yang Aman saat Haid

Masih memaksakan diri untuk tetap minum teh saat haid? Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan untuk menurunkan bahaya teh saat haid:

  • Batasi porsi teh hanya 1 atau 2 cangkir (240 hingga 480 mililiter) per hari saat haid
  • Jangan minum teh bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran hijau, daging sapi, hati ayam, dan lainnya
  • Hindari minum teh saat perut kosong
  • Hindari mengonsumsi minuman lain yang juga mengandung kafein, seperti kopi, minuman bersoda, atau alkohol
  • Lebih baik konsumsi teh hijau saat haid agar lebih aman

Perhatikan hal tersebut dengan saksama, agar keluhan datang bulan yang Anda rasakan tidak semakin parah. 

Satu hal yang perlu diingat, beberapa orang mungkin akan merasakan bahaya teh saat haid meski hanya mengonsumsinya dalam jumlah sedikit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika dihindari dan diganti dengan air putih.

Penasaran dengan efek minum teh saat haid? Ingin konsultasi mengenai menstruasi dan masalah kesehatan lainnya? Anda dapat bertanya secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

3 Komentar

  • Sumarti Sumarti

    Dok sya mau nanya sya kan minum teh jati cina.. Kenapa saya tidak haid ya.. Padahal bulan kemarin saya haid.. Bln kemarin saya haid tgl 9 tp bln ini saya blm haid udah telat 10 hari .. Kenapa ya dok mksh ya

  • Noure Hazna Liem

    Apa mungkin minum teh setiap hari bisa mperlambat mempunyai keturunan

  • Indrawati Bau

    Dok kenapa selama lahir ank pertamaku saya nda pernah kb kok ngga hamil" jga ya apakah saya nda akan hamil lagi ya, solusinya dok