Sukses

3 Hal yang Bikin Anda Mimpi Buruk

Mimpi buruk saat tidur terjadi bukan tanpa sebab. Kelelahan adalah salah satu penyebab mimpi buruk.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tentu pernah mengalami mimpi buruk. Entah itu mimpi dikejar hantu, jatuh ke jurang, ditikam pisau, atau lainnya.

Dalam dunia medis, mimpi buruk tergolong parasomnia. Parasomnia adalah gangguan tidur yang melibatkan kejadian tak diinginkan pada seseorang yang hendak, sedang, atau terbangun dari tidur.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk:

  1. Gangguan mentalGangguan mental seperti depresi dan kecemasan dapat membuat seseorang mengalami mimpi buruk. Post traumatic stress disorder (PTSD) adalah salah satu penyebabnya.Gangguan PTSD merupakan gangguan mental akibat trauma setelah mengalami kejadian tertentu yang mengancam hidup seseorang. Hal ini sering kali dialami korban pemerkosaan atau bencana alam seperti banjir atau kebakaran.Mimpi tersebut biasanya seperti bayang-bayang rekaman ulang kejadian yang membuat trauma. Masalah atau konflik yang belum terselesaikan juga bisa memicu mimpi buruk.Tak hanya itu, kepribadian seseorang juga berkaitan dengan mimpi. Seseorang yang sensitif, sering menghindari konflik, memendam masalah, dan mudah kecewa lebih rentan mengalami mimpi buruk. Sebab bagi mereka, hidup dianggap berat dan tanpa sadar terbawa ke alam bawah sadar.
  2. Penggunaan obat- obatan tertentuBeberapa obat yang memengaruhi zat kimia dalam otak berisiko menyebabkan mimpi buruk. Obat-obat tersebut yakni obat antidepresan dan narkotika. Beberapa obat penurun tekanan darah juga berisiko menyulut mimpi buruk. Berhenti dari ketergantungan obat atau alkohol pun bisa memicu mimpi buruk.
  3. Kelelahan dan kurang nutrisiKebiasaan makan ternyata berhubungan dengan mimpi buruk. Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi banyak karbohidrat di malam hari sebelum tidur dapat meningkatkan aktivitas otak dan metabolisme tubuh.Hal ini memicu mimpi buruk. Jika kelelahan dan kurang tidur, Anda pun berisiko mengalami mimpi buruk.

Karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan, bersikap positif, dan menghindari stres supaya mimpi buruk tak lagi menghantui. Anda pun bisa tidur lebih nyenyak.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar