Sukses

Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Orangtua pasti pusing kalau anaknya tidak mau atau susah makan sayur. Jangan khawatir, ada 9 cara ampuh untuk bisa membuat anak jadi doyan sayuran.

Makan sayur merupakan salah satu momok menakutkan bagi sebagian anak. Tidak jarang, hal ini membuat orang tua merasa gelisah dan kesal sendiri karena kesulitan menyiasati anak yang susah makan sayur.

Padahal, sayur merupakan salah satu asupan gizi penting yang harus dikonsumsi buah hati sehari-hari. Lantas bagaimana cara ampuh mengatasi anak susah makan sayur? Simak ulasannya di bawah ini. 

Ketahui Manfaat Makan Sayur Bagi Anak

Sayur merupakan bahan makanan yang diperlukan oleh anak, terutama anak di atas usia dua tahun. Sayur memiliki berbagai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh anak.

Pertama, serat yang terkandung dalam makanan bermanfaat untuk melancarkan saluran cerna sehingga dapat mencegah dan mengatasi konstipasi atau sembelit pada anak. Konstipasi merupakan salah masalah yang cukup sering terjadi pada anak.

Artikel Lainnya: Tidak Suka Makan Sayur, Benarkah karena Gen?

Selanjutnya, sayur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral merupakan mikronutrien yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

1 dari 3 halaman

Mengapa Anak Tidak Suka Makan Sayur?

Mayoritas anak tidak suka makan sayur karena rasanya tidak seenak lauk daging, ayam, atau buah. Sebagian sayur memiliki rasa yang agak pahit, dan biasanya memori tentang rasa sayur tersebut tersimpan di otak anak. Alhasil, anak menganggap semua rasa sayur-sayuran pasti pahit dan tidak enak. Tak jarang, pada akhirnya mereka tidak mau makan sayur.

Alasan lain anak tidak makan sayur adalah adanya karena trauma. Trauma bisa disebabkan ketika anak pernah dipaksa dan dimarahi karena tidak mau makan sayur. Hal itu akan memunculkan memori negatif di otak anak, yang membuat ia berpikir bahwa memakan sayur identik dengan perasaan yang tidak menyenangkan.

 

2 dari 3 halaman

Lalu, Bagaimana Cara Agar Anak Mau Makan Sayur?

Agar anak mau makan sayur, orang tua perlu lebih kreatif dan mengeksplorasi berbagai teknik khusus. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Menjelaskan Manfaat Sayur

Hal ini penting dilakukan agar anak mengerti apa saja manfaat makan sayur. Misalnya, Anda bisa jelaskan kalau makan sayur bisa mencegah ia dari sembelit dan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuhnya. Jelaskan juga makan sayur bisa membuat badannya lebih kuat serta makin pintar saat bermain dan belajar.

  1. Bercerita Tentang Sayur Lewat Dongeng

Menceritakan dongeng-dongeng tentang sayuran juga bisa membuat anak lebih tertarik untuk makan sayur. Anda bisa mencari cerita tentang sayuran yang berperan sebagai pahlawan. Anak bisa menganggap bahwa dengan makan sayur bisa menjadikan ia sehat dan kuat bagai pahlawan.

Artikel Lainnya: Ini 9 Hal yang Terjadi pada Tubuh akibat Kurang Makan Sayur

  1. Membujuk dengan Sayuran Kesukaan

Orangtua bisa membujuk anak makan sayur dimulai dari jenis yang paling mungkin disukainya Pada langkah awal, berikan anak jenis sayur yang ia senangi misalnya bayam atau wortel, serta masak sayur sesuai yang ia senangi, misalnya dengan direbus atau ditumis.

Hindari sayuran yang jika dimakan memiliki rasa pahit atau teksturnya keras dan alot, karena biasanya anak tidak suka. Selanjutnya jika anak sudah mulai suka makan sayur, barulah Anda dapat memberikan jenis atau olahan sayur lainnya kepada anak Anda.

  1. Mencampur Sayur dengan Makanan Kesukaannya

Saat anak tidak suka makan sayur, Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan lain yang ia suka. Misalnya, blender sayuran, lalu campurkan ke dalam daging ayam dan tepung untuk dibuat nugget atau bakso. Secara tidak langsung ia akan makan sayur dalam wujud yang berbeda.

  1. Ajak Anak untuk Ikut Masak Bersama

Mengajak anak memasak bersama bisa menjadi cara efektif agar anak mau makan sayur. Memasak bersama juga dapat menggugah selera makan si kecil, lho. Kemungkinan ia juga akan lebih menghargai makanan yang ia makan.

Artikel Lainnya: Konsumsi Sayur Mentah, Baik atau Buruk bagi Pencernaan?

  1. Membuat Kreasi Makanan dari Sayur

Kreasikan sayur menjadi bentuk-bentuk benda unik yang menarik sehingga anak tertarik untuk memakannya. Misalnya, Anda bisa gunakan brokoli, asparagus, wortel, dan juga paprika. Satukan semua sayuran menggunakan tusuk sate. Panggang sate sayuran, dan tambahkan saus kesukaan anak. Bentuk atau sajian yang unik dapat membuat anak jadi mau makan sayur.

  1. Biarkan Anak Makan Sayur di Awal atau Akhir

Berikan keleluasaan bagi anak saat makan sayur. Misalnya apakah anak mau makan sayur terlebih dahulu, atau makan sayur di akhir, atau sambil makan makanan lain. Biarkan pula anak makan sayur bersama orang yang dipilih menemaninya, misalnya ibu, ayah, atau kakaknya.

  1. Ikut Makan Bersama Anak

Makan sayur bersama anak juga merupakan cara ampuh agar si kecil mau makan sayur. Saat anak makan, dampingi ia dan berikan contoh bahwa Anda juga makan sayuran yang sama. Anda juga bisa membuat anak tergiur, misalnya dengan mengatakan bahwa sayurannya punya rasa lezat.

  1. Hindari Pemaksaan Pada Anak

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa memaksakan anak untuk makan sayur malah akan berdampak pada trauma yang menyebabkan anak tidak mau makan sayur selanjutnya. Maka, jika anak tidak mau makan sayur, jangan dipaksa, ya.

Nah, kini Anda telah mengetahui bagaimana cara ampuh mengatasi anak makan sayur, kan? Anda bisa temukan cara lain dengan berkonsultasi ke dokter, jika anak masih susah makan sayur. Mau konsultasi lebih praktis dan gratis? Tanyakan pada dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/RPA)

1 Komentar

  • Eza Bae

    malam dok, saya mau tanya dok, saya waktu itu pernah ngeluarin darah dari mulut ketika saya bangun tidur, ko mulut rasanya manis banget dan darah kental menempel di gusi,. saya kira sisa makanan gak taunya darah kental terus sya ludah kmudian ko enek ya itu tandanya penyakit ap ya dok ap gara2 cuaca dingin ap gmana