Sukses

Camilan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Apa benar, mengonsumsi camilan sebelum olahraga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori?

Siapa bilang sebelum olahraga tidak boleh makan? Sebaliknya, dengan asupan yang tepat maka tubuh akan memiliki cukup energi dan siap untuk berolahraga.  Agar manfaat olahraga dapat optimal, maka makanan pendampingnya juga perlu diperhatikan.

Mengonsumsi camilan sebelum olahraga dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori yang dapat menurunkan berat badan. Sebaliknya, jika berolahraga dengan perut kosong tubuh akan banyak kehilangan massa otot.

1 dari 2 halaman

Camilan Sehat Sebelum Olahraga

Olahraga dengan perut kosong memicu tubuh membakar protein yang terdapat di jaringan otot. Ketika massa otot berkurang, metabolisme tubuh pun ikut melambat sehingga lebih sulit menurunkan berat badan Anda.

Oleh karena itu, dibutuhkan karbohidrat yang tepat, protein tanpa lemak, lemak tak jenuh, serta mengonsumsi banyak air sebelum memulai olahraga agar tubuh tetap terhidrasi dan tidak merasa lemas.

Lalu, apa saja camilan sehat sebelum olahraga? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Sandwich dengan Daging Tanpa Lemak dan Salad

Makan roti isi sebelum olahraga? Mengapa tidak. Anda dapat menggunakan berbagai bahan sehat seperti roti gandum, dada ayam rebus, dan sayuran. Tubuh membutuhkan karbohidrat saat berolahraga dan Anda bisa memperolehnya dari sepotong roti gandum. Selain lezat, kandungan gizi sandwich juga lengkap. 

Artikel Lainnya: Camilan Sebelum Tidur di Malam Hari yang Aman bagi Pelaku Diet

  1. Omelette dengan Sepotong Roti

Roti gandum adalah sumber karbohidrat yang baik. Anda dapat memakannya dengan omelette putih telur. Putih telur adalah sumber protein yang baik untuk membantu membangun massa otot Anda. Dengan camilan sehat ini, Anda akan mendapatkan manfaat dari karbohidrat dan protein sebelum berolahraga.

  1. Nasi Merah dan Daging Tanpa Lemak

Selain camilan, Anda juga dapat mengonsumsi nasi sebelum berolahraga. Nasi merah yang merupakan sumber karbohidrat dapat Anda kombinasikan dengan lauk yang mengandung lemak rendah.

Masaklah lauk dengan cara dikukus atau direbus agar asupan lemak dalam tubuh tidak terlalu banyak. Namun, untuk menghindari merasa begah selama berolahraga, jagalah porsi nasi agar tidak terlalu banyak. 

  1. Sereal dengan Susu Rendah Lemak

Camilan sebelum olahraga selanjutnya adalah sereal dengan susu. Segelas susu rendah lemak sebelum olahraga tidak hanya menyegarkan, tetapi juga bermanfaat bagi tubuh. Pilihlah susu rendah lemak untuk mengurangi asupan lemak

Artikel Lainnya: Mengapa Susu Cokelat Sering Diminum oleh Para Atlet?

Jika Anda bosan dengan minum susu, Anda dapat menambahkan sereal gandum tanpa gula pada semangkuk susu Anda. Sereal gandum adalah sumber karbohidrat yang baik untuk mempersiapkan diri sebelum berolahraga.

  1. Oatmeal dengan Potongan Pisang

Oatmeal adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik. Dengan kandungan lemak yang rendah, camilan sehat ini bisa menjadi sumber energi yang sehat. Untuk menambah cita rasa, tambahkan irisan pisang pada semangkuk oatmeal Anda.

  1. Nutrition Bar 

Ingin berolahraga tapi tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan makanan? Jangan khawatir, Anda bisa konsumsi camilan sehat seperti nutrition bar yang banyak tersedia di supermarket terdekat. Pilihlah nutrition bar dengan kandungan seperti gandum, kacang-kacangan, dan protein whey.

  1. Buah-buahan

Camilan sebelum olahraga yang dapat Anda konsumsi selanjutnya adalah buah-buahan, terutama apel dan pisang. Anda dapat membuat satu mangkuk kecil yang berisikan potongan apel dan pisang.

Selain itu, alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan oatmeal pada salad buah Anda untuk memberikan tambahan karbohidrat agar stamina tetap terjaga selama berolahraga.

  1. Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi pilihan camilan praktis dan sehat sebelum berolahraga. Pilihlah yoghurt dengan kandungan lemak yang rendah. Tambahkan potongan kecil buah untuk menambah asupan serat Anda. 

Selain pilihan camilan yang tepat, perhatikan juga jumlah camilan yang Anda makan. Hindari asupan camilan secara berlebihan sebelum berolahraga. Anda dapat menunggu 30 menit sampai satu jam setelah mengonsumsi camilan sebelum memulai olahraga Anda. Selamat mencoba!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar