Perawatan Wanita

Keputihan Anda Tidak Normal? Ini Penyebabnya!

dr. Sara Elise Wijono MRes, 07 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Keputihan dapat terjadi secara normal dan tidak normal. Penyebab keputihan tidak normal ini terdiri dari beberapa hal. Apa saja?

Keputihan Anda Tidak Normal? Ini Penyebabnya!

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi pada setiap wanita. Kondisi ini bisa muncul saat terangsang secara seksual, hamil, menggunakan KB hormonal, dan saat menjelang menstruasi.

Ciri-ciri keputihan yang normal adalah berwarna jernih hingga putih. Teksturnya kenyal seperti lendir, tidak berbau, dan tidak menimbulkan keluhan lainnya.

Sementara itu, keputihan dapat dikatakan tidak normal jika terdapat perubahan warna (seperti kekuningan atau kehijauan). Selain itu juga muncul aroma tak sedap (seperti bau amis atau bau busuk), dan bergumpal- gumpal.

Jika melihat produksinya jauh lebih banyak daripada biasanya dan menimbulkan keluhan lainnya, bisa juga menandakan keputihan Anda tidak normal. Keluhan lain yang dimaksud antara lain gatal, nyeri saat BAK, nyeri pada area kewanitaan.Apa sajakah yang dapat menyebabkan hal ini?

  1. Infeksi Jamur Jamur Candida umumnya menimbulkan keluhan keputihan yang tidak normal. Gejalanya adalah keputihan yang berwarna putih dan bergumpal-gumpal seperti susu basi, tapi tidak berbau. Selain itu, dapat juga timbul gatal dan rasa nyeri saat BAK atau berhubungan seksual.
  2. Bakterial Vaginosis (BV)Keluhan BV disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang tidak normal dalam vagina. Pada kondisi normal vagina memang memiliki bakteri, tetapi bila pertumbuhannya berlebih dapat menimbulkan gejala. Keluhan yang bisa terjadi adalah keluar lendir cair berwarna putih keabu-abuan, sering kali disertai bau amis yang kuat.
  3. Trikomoniasis Infeksi ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis dan dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Gejalanya adalah keluar cairan berwarna kuning kehijauan dan bau. Dapat juga disertai rasa gatal dan nyeri.
  4. Gonore Keputihan yang merupakan infeksi menular seksual ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhea. Infeksi gonore dapat tidak menyebabkan keluhan apa pun. Namun, jika ada keluhan umumnya berupa keputihan dengan warna kekuningan, rasa gatal, rasa terbakar, dan kemerahan pada area kewanitaan.
  5. Klamidia Klamidia merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Dapat tidak menimbulkan keluhan, atau bisa juga membuat jumlah keputihan berlebih dibanding biasanya. Selain itu, dapat juga timbul nyeri berkemih.

Jika Anda mengalami keluhan seperti dijelaskan di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa Anda dan membantu menentukan penyebab keputihan tidak normal tersebut. Obat yang diberikan dapat berbeda-beda tergantung dengan penyebab keputihan.

[RS/ RH]

Penyebab KeputihanKeputihan tidak normalKeputihan

Konsultasi Dokter Terkait