Sukses

Alasan Mengapa Anda dan Pasangan Perlu Babymoon

Kenali lebih jauh soal babymoon dan manfaatnya bagi wanita hamil.

Apakah Anda dan pasangan sedang menanti kehadiran sang buah hati? Anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena kehidupan Anda akan segera berubah. 

Beberapa pasangan melakukan liburan babymoon untuk mempersiapkan diri mereka, karena nantinya Anda dan pasangan pasti akan sibuk untuk menyiapkan keperluan sang buah hati, seperti mengganti popok, memberi makan, mengajak bermain, dan merapikan keperluannya. 

Di antara kegembiraan, kegugupan, dan kesibukan mempersiapkan mental untuk kelahiran bayi yang akan datang, liburan sebelum bayi lahir atau babymoon mungkin diperlukan.

Apa Itu Liburan Babymoon?

Babymoon sebenarnya mirip dengan honeymoon atau bulan madu. Akan tetapi, alih-alih menghabiskan waktu dengan pasangan setelah menikah, Anda menikmati waktu bersama sebelum kelahiran bayi. Karena biasanya setelah bayi lahir, Anda dan pasangan akan sibuk dan tidak bisa menghabiskan waktu berkualitas hanya berdua saja. 

Artikel Lainnya: 5 Kejutan Ini Bisa Anda Temui Saat Hamil

Beberapa pasangan memilih untuk merencanakan babymoon sebelum anak pertama lahir untuk berlibur terakhir sebagai pasangan. Akan tetapi, tidak ada aturan bahwa Anda hanya boleh babymoon sebelum anak pertama lahir saja. Setiap menantikan kelahiran bayi baru, tentu saja Anda boleh pergi untuk babymoon.

1 dari 3 halaman

Alasan Anda Perlu Liburan Babymoon

Ada beberapa alasan Anda perlu melakukan liburan babymoon. Pertama, tentunya untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan sebelum sang bayi lahir. Karena setelah bayi lahir, seluruh waktu, perhatian, bahkan pemasukan Anda pasti diutamakan untuk sang bayi, sehingga akan lebih sulit untuk pergi berlibur. 

Selain itu, liburan babymoon juga bertujuan untuk mempererat hubungan dengan pasangan Anda. Babymoon juga dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih santai dan gembira. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk fokus terhadap pasangan Anda tanpa harus memikirkan pekerjaan atau hal-hal yang dapat mengganggu lainnya.

Sebenarnya, tidak ada aturan yang pasti kapan Anda bisa pergi untuk babymoon selama kehamilan berlangsung. Anda dapat merencanakan babymoon kapanpun, bahkan saat trimester ketiga pun. 

Artikel Lainnya: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil

Akan tetapi, untuk dapat menikmati liburan babymoon dengan baik, waktu yang tepat adalah segalanya. Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, sebaiknya merencanakan babymoon di saat Anda dalam kondisi terbaik, yang pada kebanyakan wanita adalah trimester kedua. 

Karena morning sickness dapat sangat mengganggu pada trimester pertama, dan tentu saja Anda tidak ingin menghabiskan liburan Anda dalam kondisi yang tidak menyenangkan. Merencanakan babymoon sebelum trimester ketiga juga baik agar Anda tidak mudah lelah dan tetap merasa nyaman. 

2 dari 3 halaman

Tips Babymoon agar Berjalan Lancar

Sebelum babymoon, diskusikan dulu dengan pasangan apakah babymoon ini berupa liburan sederhana atau liburan yang dipersiapkan secara khusus.

Untuk kebanyakan pasangan yang akan menjadi orang tua, pergi ke luar negeri dapat dilakukan. Akan tetapi, Anda dan pasangan perlu lebih bersiap diri dan berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan nasihat bagaimana agar tetap sehat. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Traveling Saat Hamil Muda? 

Dokter mungkin akan menyarankan untuk pergi berlibur tidak terlalu jauh, tergantung dari kesehatan ibu dan apakah kehamilan tersebut berisiko tinggi.

Apabila Anda berpikir untuk pergi ke luar negeri, tanyakan kepada dokter apa yang harus dipersiapkan untuk perjalanan yang panjang dan apakah aman untuk pergi ke tempat yang Anda inginkan sebelum melakukan reservasi tiket pesawat atau hotel. 

Beberapa tempat di dunia mempunyai risiko tertentu seperti malaria, virus Zika, atau yang lainnya. Bila Anda merasa khawatir, Anda dapat melakukan staycation atau menghabiskan waktu di hotel yang tidak terlalu jauh dari rumah.

Dengan staycation atau bahkan mengambil waktu untuk bersama tinggal di rumah, dapat menghemat uang, waktu, serta tenaga selama di perjalanan dan Anda tetap dapat menghabiskan waktu bersama pasangan Anda.

Babymoon dapat dilakukan oleh pasangan yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati. Dengan babymoon, Anda bisa menghabiskan waktu berdua dengan pasangan sebelum sibuk dengan kehadiran anggota keluarga baru. 

Manfaat babymoon dapat membuat Anda lebih tenang dan lebih siap untuk menghadapi kelahiran nantinya. Rencanakanlah liburan babymoon dengan matang dan konsultasikan dengan dokter sebelum Anda dan pasangan pergi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

[FY/ RS] 

0 Komentar

Belum ada komentar