Sukses

Cara Jitu Mengatasi 4 Tanda Penuaan di Wajah

Resah karena munculnya tanda- tanda penuaan di wajah? Tenang, baca kiat mengatasinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Seiring dengan bertambahnya usia, setiap manusia akan mengalami penuaan. Ini adalah proses alami yang tak mungkin dihindari. Sejalan dengan hal tersebut, tanda- tandanya pun bermunculan, termasuk penuaan di wajah.

Tanda- tanda ini biasanya akan mulai hadir saat memasuki usia 30an. Beberapa tanda yang bisa Anda amati antara lain garis halus atau keriput di daerah mata atau sekitar bibir, kantung mata, kulit kusam, dan hiperpigmentasi (flek hitam).

Anda memang tak bisa mencegah kehadiran tanda-tanda penuaan yang mengiringi bertambahnya usia. Tapi, Anda bisa berkelit dari penuaan dini atau tanda- tanda yang muncul sebelum waktunya.

Mulailah dengan mengenali faktor pemicu penuaan dini. Ada banyak faktor yang menyebabkannya –seperti diet, pola hidup, merokok, stres, dan paparan sinar ultraviolet (UV).

Setelah mengetahui faktor pemicu penuaan dini, tentu saja cara terbaik mencegahnya adal dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Tapi bagaimana bila tanda- tanda tersebut sudah terlanjur hadir?

Berikut empat tanda penuaan tersering dan cara mengatasinya:

  • Crow’s feet

    Merupakan galis halus/ kerutan yang muncul di sekitar mata, terutama saat tersenyum. Oleskan eye cream dengan kandungan pelembab yang tinggi pada area mata setiap hari.

    Ingin hasil yang lebih cepat sekaligus mencegah pembentukan garis keriput baru? Dokter spesialis kulit atau bedah plastik dapat memberikan injeksi botox atau disport pada area tersebut.
  • Kantung mata

    Anda berurusan dengan area bawah mata yang menjadi hitam dan kendur? Kosmetik dapat membantu menyamarkan kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata.

    Selain itu Anda juga bisa mencoba filler hyaluronic acid yang diinjeksi di daerah cekungan mata. Injeksi ini dapat mengurangi kantung mata.

    Anda juga akan membutuhkan Retin-A untuk meregenerasi kulit. Peeling kimia, Intense Pulse Light (IPL), atau laser CO2 fraksional juga dapat membantu mengencangkan area bawah mata.
  • Hiperpigmentasi

    Perubahan warna kulit yang biasanya terjadi berupa flek hitam. Lindungi kulit Anda dengan menggunakan tabir surya setiap hari untuk mencegah agar flek hitam tidak bertambah banyak.

    Hidrokuinon digunakan untuk menyamarkan atau menghilangkan flek hitam pada kulit.
  • Lipatan Nasolabial

    Garis keriput di sekitar mulut, yang muncul dari ujung hidung ke bawah, disebut lipatan nasolabial. Injeksi filler hyaluronic acid terbukti baik untuk mengisi garis keriput ini.

Sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter sepesialis kulit untuk mengatasi tanda penuaan di wajah. Bila Anda bermaksud mengunjungi klinik kecantikan untuk melakukan perawatan, pastikan klinik pilihan Anda dapat dipercaya.

(DA/ RH)

1 Komentar

  • vadyak

    Selamat pagi dokter ... Terima kasih untuk artikel nya, sangat bermanfaat. Saya ada pertanyaan dok, mengenai artikel nya yg membahas tentang "Hidrokuinon" Apa benear Hidrokuinon menyebabkan ketergantungan dan banyak efek samping nya? apa beda nya dengan Mercuri ? Terima kasih dok :) Salam