HomeGaya hidupSehat dan Bugar8 Cara Mudah untuk Mengurangi Kebiasaan Ngemil
Sehat dan Bugar

8 Cara Mudah untuk Mengurangi Kebiasaan Ngemil

dr. Dina Kusumawardhani, 27 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ngemil memang enak, tapi apa gunanya jika bikin tubuh berlemak dan mudah sakit? Yuk, kurangi kebiasaan ngemil secara perlahan.

8 Cara Mudah untuk Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Kebiasaan ngemil bisa menjadi kendala besar bagi mereka yang sedang berdiet. Hasrat untuk ngemil ini sering kali muncul saat orang merasa stres, cemas, atau bosan.

Ngemil buah-buahan tentu bagus untuk tubuh. Sayangnya, sebagian orang lebih memilih camilan yang banyak gula, lemak, dan karbohidrat. Contohnya kue- kue manis dan gorengan.

Padahal terlalu banyak mengonsumsi camilan tinggi gula dan lemak tidak akan memberikan efek baik bagi kesehatan. Tapi bagaimana menghentikan kebiasaan buruk ini?

Berikut ini delapan cara mudah untuk mengurangi kebiasaan ngemil:

1. Makan secara teratur

Makanlah tiga kali sehari dengan teratur, yakni saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika Anda melewatkan makan, hasrat untuk ngemil menjadi lebih mudah muncul.Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein, dan lemak baik. Makanan tersebut dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hindari fast food karena selain tidak mengenyangkan, juga bisa menimbun lemak!

2. Berpikir ulang sebelum ngemil

Sebelum mengambil makanan camilan, berhentilah sejenak, kemudian pikirkan: Apakah saya benar-benar lapar? Atau hanya bosan, lelah, atau stres?

3. Jangan membeli camilan

Buatlah daftar belanjaan sebelum ke supermarket, terutama jika Anda memiliki kebiasaan lapar mata. Hindari juga stand makanan ringan, cokelat, es krim, atau makanan manis lainnya saat berbelanja.

4. Mengganti camilan dengan makanan yang lebih sehat

Jika Anda benar-benar tidak bisa menahan hasrat untuk ngemil, pilihlah camilan sehat. Misalnya buah-buahan, oatmeal, dan kacang-kacangan (edamame, pistachio, almond).

5. Alihkan perhatian dengan tetap aktif

Saat bosan, orang akan cenderung mencari makanan. Carilah kegiatan yang bisa mengalihkan keinginan tersebut –seperti membersihkan rumah, olahraga, atau mencari hobi baru. Semakin sibuk Anda, semakin sedikit keinginan untuk ngemil.

6. Matikan TV

Menjauhlah dari TV saat Anda sedang bosan. Saat menonton, Anda akan cenderung ingin ngemil. Ingin bersantai? Cobalah membaca buku atau majalah. Kegiatan membaca buku akan membuat otak lebih aktif dibandingkan hanya duduk menonton TV.

7. Banyak minum

Air bisa membuat perut terasa kenyang, dan yang terpenting air tidak mengandung kalori. Dengan cara ini, Anda juga akan terhindar dari dehidrasi dan kulit pun lebih bercahaya.

8. Tidur cukup

Seseorang yang mengalami insomnia biasanya akan mencari camilan pada malam hari. Kekurangan tidur juga membuat seseorang lebih lapar pada siang harinya.

Ngemil sebenarnya sah-sah saja. Asalkan makanan yang dipilih tinggi protein dan serat. Jika Anda memang tidak tahan dengan kue-kue manis dan gorengan, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

[RS/ RH]

Ngemilcamilan SehatKebiasaan Ngemil

Konsultasi Dokter Terkait