Sukses

Vegetarian, Sehatkah?

vegetarian. Apa yang kita ketahui tentang vegetarian? Sebenarnya ada beberapa tipe vegetarian. Apa sajakah? Berikut penuturan dr. Jessica Florencia...

Oleh: dr. Jessica Florencia

KLIKDOKTER.com - Makanan merupakan salah satu faktor penyumbang kesehatan yang utama. Kesehatan kita tercermin dari apa yang kita makan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, semakin banyak juga berkembang cara-cara untuk makan sehat. Salah satunya adalah vegetarian.

Apa yang kita ketahui tentang vegetarian? Sebenarnya ada beberapa tipe vegetarian, yaitu:

  1. Lacto-vegetarian
    Lacto-vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan, daging unggas dan segala makanan yang mengadung bahan-bahan tersebut. Namun, mereka tetap mengkonsumsi susu, keju, yogurt dan butter.

  2. Lacto-ovo vegetarian
    Lacto-ovo vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan dan daging unggas, namun mengkonsumsi produk susu dan telur.

  3. Ovo-vegetarian
    Ovo-vegetarian tidak mengkonsumsi daging, daging unggas, makanan laut dan produk susu, namun mengkonsumsi telur.

  4. Vegan
    Vegan tidak mengkonsumsi daging, daging unggas, telur dan produk susu dan segala produk makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut.

  5. Semivegetarian
    Semivegetarian mengkonsumsi makanan-makanan dari tumbuhan dan sesekali juga tetap mengkonsumsi daging, produk susu, telur daging unggas dan ikan.

Apakah pola konsumsi makanan ini sehat?

Kuncinya adalah pada pengaturan makanan dan tetap mengkonsumsi makanan yang bervariasi karena sumber nutrisi bagi tubuh tidak dapat diperoleh dari sejenis makanan tertentu saja. Semakin ketat jenis dietnya maka semakin sulit  untuk memenuhi asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Untuk itu, pada mereka yang memutuskan untuk memulai diet vegetarian diperlukan asupan suplemen tambahan yang mengandung:

  1. Kalsium
  2. Yodium
  3. Zat besi
  4. Asam lemak omega-3
  5. Protein
  6. Vitamin B12
  7. Vitamin D
  8. Zinc

Maka, alangkah baiknya bagi mereka yang ingin melakukan diet vegetarian sebaiknya menghubungi dokter terlebih dahulu untuk melakukan perencanaan makan dan juga memeriksakan kondisi tubuh sehingga tidak terjadi kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan kesehatan.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

 

Baca juga:

    0 Komentar

    Belum ada komentar