Sukses

Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!

Mengkonsumsi jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga sesuai dengan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Klikdokter.com - Mengkonsumsi jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga sesuai dengan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dipercaya bahwa kandungan asam amino L-Citrulline yang terdapat di dalam semangka dapat mempercepat waktu pemulihan dan meningkatkan stamina atlit.

Sebelumnya memang sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa semangka memiliki potensi sebagai antioksidan, memiliki potensi untuk meningkatkan kandungan protein di otot serta meningkatkan stamina dari atlit, namun kaitan semangka dengan percepatan pemulihan nyeri otot baru pertama kali ditemukan.

Penelitian yang dipimpin oleh Encarna Aguayo dari Technical University of Cartagena di Spanyol melakukan percobaan dengan membagi beberapa kelompok berdasarkan minuman yang diperoleh yaitu pada kelompok pertama mendapat jus semangka yang diperkaya dengan L-citrulline, kelompok kedua mendapat jus semangka alami dan kelompok ketiga mendapat air minum biasa yang tidak mengandung L-citrulline. Ketiga minuman diberikan satu jam sebelum berolahraga.

Pada hasil akhir ditemukan bahwa kelompok yang mengkonsumsi jus semangka dan jus semangka yang diperkaya dengan L-citrulline berhasil mempercepat pemulihan nyeri otot setelah berolahraga. Namun ditemukan juga L-citrulline yang terkandung dalam jus semangka alami lebih dapat dicerna oleh tubuh manusia.

Selain itu, penelitian terdahulu yang pernah dipublikasikan oleh Purdue University menemukan juga bahwa semangka juga membantu mencegah penggumpalan bentuk kolesterol ‘jahat’ di pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Nah, oleh karena itu, selain membantu mempercepat penyembuhan dari nyeri otot setelah berolahraga, semangka juga baik untuk jantung. Cobalah konsumsi jus semangka setelah berolahraga dan buktikan!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar