Sukses

Anak Lebih Cerdas dengan ASI

Kita sudah banyak tahu mengenai sederetan manfaat ASI. Tapi tahukah Anda ada penelitian terakhir yang menemukan hubungan pemberian ASI eksklusif dengan kecerdasan anak di masa depan? Simak selengkapnya dari dr. Puti Naindra Alevia disini.

Klikdokter.com - Sampai umur berapakah buah hati harus diberi ASI? Kita semua sudah tahu pentingnya pemberian ASI pada bayi. ASI merupakan makanan pertama alami untuk bayi. ASI saja sudah cukup untuk menjadi sumber semua energi dan nutrien yang diperlukan oleh bayi pada bulan-bulan pertama kehidupannya.

Karena itu, badan kesehatan dunia merekomendasikan bahwa bayi mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, ½ kebutuhan nutrien bayi juga masih dapat dipenuhi oleh ASI.

Beberapa ibu beralih ke susu formula setelah buah hati mereka menginjak usia beberapa bulan. Namun, penelitian terbaru menganjurkan bahwa melanjutkan pemberian ASI setelah 6 bulan dapat menjadi modal awal yang terbaik untuk anak kita.

Dibandingkan dengan anak yang diberi susu botol, anak-anak berusia 7 tahun yang mendapatkan ASI selama paling tidak 1 tahun, cederung untuk mendapatkan 4 poin lebih tinggi pada tes IQ verbal. Dengan kata lain, terdapat peningkatan 0,35 poin setiap ekstra bulan anak mendapatkan ASI.

1 dari 2 halaman

Keutamaan Pemberian ASI Eksklusif

Penelitian ini dilakukan merupakan bagian dari Project Viva, sebuah penelitian kohort dari tahun 1999 dan 2002 di Amerika Serikat. Peneliti utama Dr. Mandy Belfort dari Boston Children Hospital mengatakan bahwa temuan ini mendukung rekomendasi pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan dan dilanjutkan sampai setidaknya anak berusia 1 tahun. Di Amerika Serikat, sekitar 70% perempuan memulai pemberian ASI segera setelah buah hatinya lahit. Namun, setelah 6 bulan, hanya 35% yang masih menyusui anaknya.
 
Nutrien seperti docosahexaenoic pada ASI dapat bermanfaat pada otak bayi yang sedang berkembang. Penelitian ini mendukung adanya hubungan sebab-akibat antara durasi pemberian ASI dengan kemampuan bahasa reseptif dan kecerdasan verbal serta nonverbal saat anak besar nanti. Bagaimana dengan Anda? Berapa lamakah buah hati Anda mendapatkan ASI?

0 Komentar

Belum ada komentar