Sukses

7 Info Mudik Berkendara Sehat

Mengendarai mobil sendiri dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat menjadi berbahaya jika kesehatan fisik pengemudi tidak baik. Simak selengkapnya info mudik sehat dari dr. Jessica Florencia disini.

 

Oleh: dr. Jessica Florencia

 
Menjelang Idul Fitri, kesibukan untuk mempersiapkan hari Raya tentu semakin padat. Selain mempersiapkan makanan untuk silaturahmi di hari Raya, para perantau tentu juga mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman atau bermudik. Salah satu pilihan untuk bermudik adalah dengan mengendarai mobil sendiri.
 
Mengendarai mobil sendiri dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat menjadi berbahaya jika kesehatan fisik pengemudi tidak baik. Untuk itu, jika Anda ingin mengemudi, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.
 
  1. Pastikan bahu, lengan serta kaki Anda dalam keadaan yang fit. Tidak terlalu pegal, tidak sedang nyeri atau kaku. Hal ini penting karena dalam mengendalikan setir kendaraan dibutuhkan kondisi otot, tulang dan persendian yang optimal. Apalagi untuk menyetir jarak jauh.
  2. Pastikan tidak ada masalah dengan penglihatan Anda. Penglihatan yang baik sangat diperlukan apalagi untuk menyetir di malam hari. Untuk itu pastikan penglihatan Anda tidak terganggu. Jika Anda menggunakan kacamata, pastikan bahwa ukuran koreksi penglihatan Anda sudah baik dan terbaru.
  3. Pastikan tidak ada masalah dengan pendengaran Anda.Pastikanlah telinga Anda tidak berdenging, berdengung atau kurang mendengar.
  4. Pastikan Anda tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa kantuk, lemas dan pusing.
  5. Pastikan Anda tidak dalam keadaan lelah, marah, stres atau sedih. Jangan berkendara jika Anda sedang dalam kondisi-kondisi tersebut.
  6. Jangan melakukan aktivitas lain saat berkendara seperti makan, mengangkat telepon, menulis pesan singkat atau mengganti saluran radio. Hal-hal ini dapat mempengaruhi dan sangat mengganggu konsentrasi dalam mengemudi dan meningkatkan risiko terjadi kecelakaan.
  7. Pastikan penyakit kronik Anda terkontrol. Penyakit seperti diabetes, hipertensi, asma, epilepsi perlu dipastikan dalam keadaan terkontrol untuk dapat mengemudi.
 
Pastikanlah tubuh Anda dalam keadaan fit dan sehat untuk mengemudi. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan dengan dokter, terutama jika Anda memiliki gangguan kesehatan kronik, membutuhkan pengobatan dan atau memerlukan pemeriksaan penglihatan dan pendengaran. Dokter akan menyesuaikan pengobatan Anda atau mungkin terpaksa membatasi Anda untuk tidak mengemudi dalam jangka waktu yang terlalu lama.
 
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaanAnda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](JF)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar