Sukses

Solusi Nyeri Punggung pada Kehamilan

Nyeri punggung, khususnya nyeri punggung bawah merupakan keluhan yang sering terjadi pada kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan tubuh selama kehamilan bekerja sedemikian rupa sehingga kemungkinan terjadinya nyeri punggung sangat besar...

Oleh: dr. Sophia B. Hage

KlikDokter.com - Nyeri punggung, khususnya nyeri punggung bawah merupakan keluhan yang sering terjadi pada kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan tubuh selama kehamilan bekerja sedemikian rupa sehingga kemungkinan terjadinya nyeri punggung sangat besar. Perubahan-perubahan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perut yang semakin besar membuat pusat gravitasi tubuh bergeser ke depan. Hal ini kemudian akan menyebabkan lengkung punggung Anda semakin cembung ke depan, sehingga bagian punggung bawah biasanya akan terdorong ke depan.
  • Pada kehamilan dapat terjadi hal yang disebut sebagai diastasis, yaitu kondisi dimana otot abdomen (perut) sisi kiri dan sisi kanan Anda terpisah karena ekspansi uterus (rahim). Hal ini menyebabkan kelemahan otot perut. Semakin lemah otot perut, maka semakin keras otot punggung harus bekerja untuk mempertahankan postur tegak.\
  • Seiring dengan usia kehamilan yang meningkat, ukuran perut akan semakin besar. Pada perempuan dengan keluhan nyeri punggung, usia kehamilan yang bertambah hanya akan membuat keluhan nyeri punggung semakin nyata.

Oleh sebab itu, hal-hal di bawah ini sangat penting dilakukan. Semakin cepat tips-tips ini dilakukan maka semakin baik efeknya dalam menangkal keluhan nyeri punggung selama kehamilan.

  1. Jaga kenaikan berat badan Anda selama kehamilan. Berat badan yang berlebih hanya akan menambah stress pada otot punggung Anda.
  2. Lakukan olahraga untuk menguatkan otot perut Anda. Tidak pernah terlambat untuk memulai olahraga dalam kehamilan, tentunya dengan catatan olahraga yang dilakukan sesuai dengan kondisi dan tujuan yang ingin dicapai. Contoh gerakan yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan otot perut: knee lift (mengangkat lutut Anda secara bergantian sambil duduk), crunch sambil duduk (gerakan mengkontraksikan otot perut atau menarik pusar ke arah dalam dan ke arah luar sambil duduk), duck squat (bergerak ke posisi jongkok dari posisi berdiri).
  3. Simpan rapi sepatu hak tinggi Anda. Segera setelah Anda mulai merasakan bahwa perut Anda semakin membesar, hindarilah penggunaan sepatu hak tinggi hingga bayi Anda lahir. Hak yang tinggi akan membuat punggung Anda semakin melengkung ke depan dan akan memperparah keluhan nyeri punggung Anda. Pilihlah sepatu datar (flats) yang nyaman dipakai.
  4. Duduk dengan benar. Posisi duduk menyebabkan stres atau peregangan otot punggung yang besar, khususnya apabila Anda duduk di kursi tanpa sandaran punggung yang tidak menyediakan support. Hindarilah kursi-kursi semacam ini dan sedapat mungkin selalu gunakan kursi dengan sandaran yang tegak. Saat Anda duduk, hindari posisi menyilangkan satu kaki di atas kaki lainnya. Duduklah dengan kedua kaki menyentuh lantai dan sesekali berdiri untuk menghindari posisi duduk yang dipertahankan berjam-jam.
  5. Biasakan postur yang baik. Tarik pantat Anda sedikit ke arah depan untuk menempatkan tulang panggul Anda ke posisi normalnya yang kemudian akan mengurangi derajat kelengkungan pada tulang punggung Anda. Posisikan kepala Anda sejajar dengan tubuh Anda (bayangkan ada benang yang menarik kepala Anda ke arah langit-langit) dan jaga supaya bahu Anda tidak jatuh dalam posisi merunduk.
  6. Angkat barang dengan benar. Barang seringan apapun harus tetap Anda angkat dengan cara yang benar. Posisi badan Anda harus sedemikian rupa sehingga lutut menekuk, punggung relaks, dekatkan barang ke batang tubuh Anda, angkat dengan kekuatan tangan Anda dan bukan kekuatan punggung Anda. Pastikan Anda tetap bernapas selama mengangkat barang tersebut.
  7. Hindari posisi berdiri yang terlalu lama. Selingi waktu berdiri Anda dengan duduk sebentar selama 5-10 menit untuk mengurangi beban pada tulang punggung Anda.
  8. Kompres hangat. Handuk hangat atau kantong air hangat yang ditempelkan pada punggung bawah Anda atau berendam dalam air hangat dapat memberikan pertolongan dalam mengurangi keluhan pegal pada punggung Anda. Akan tetapi apabila Anda mengalami nyeri, sebaiknya kompres dingin terlebih dahulu untuk meredakan peradangan yang mungkin terjadi pada punggung Anda.[SH]

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar