Sukses

Tips Sehat Begadang Nonton Bola

Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental dan diperlukan untuk mendapatkan energi yang dipezfbrlukan serta motivasi untuk keesokan hari...

Klikdokter.com - Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental dan diperlukan untuk mendapatkan energi yang dipezfbrlukan serta motivasi untuk keesokan hari. Namun untuk beberapa keperluan, terkadang begadng kerap dilakukan, maupun untuk keperluan pekerjaan ataupun untuk sekedar menonton laga tim kesayangan sepak bola.

Dampak buruk dari begadang adalah kelelahan pada tubuh (fatigue). Kelelahan ditenggarai oleh terforsirnya fisik dan mental untuk bekerja melampaui kemampuan waktu biasanya. Simak beberapa tips sehat berikut ini untuk berkiat mengantisipasi risiko kelelahan akibat begadang.

  • Cukupi Jam Tidur

  • Umumnya durasi minimum jam tidur orang dewasa adalah 6 jam dalam sehari. Pastikan Anda mencukupi jam tidur Anda yang dari yang ‘tersita’ karena begadang. Bagaimanapun tidur adalah hak bagi tubuh untuk mendapatkan jatah istirahatnya, dan Anda bertugas bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda dengan bijaksana. Jika dalam sehari jatah tidur Anda ‘berkurang’, penuhilah segera jika tubuh Anda sudah menunjukkan gejala kelelahan dan mengantuk.

  • Camilan & Minuman

  • Asupan nutrisi ketika begadang ikut menentukan kondisi kesehatan guna mendukung begadang. Banyak orang melakukan kesalahan dengan memilih kopi, rokok dan makanan kemasan ataupun gorengan sebagai pilihan kuliner begadang. Pilihlah minuman teh dan makanan rebus. Hindari juga makanan yang tinggi akan kadar gula yang marak berasal dari makanan kemasan dan minuman bersoda. Perbanyaklah asupan cairan Anda. Terlebih lagi hindari juga rokok dan alkohol

  • Rutin Berolahraga

  • Olahraga dianjurkan untuk persiapan jangka panjang aktivitas begadang. Manfaat olahraga rutin adalah membuat kondisi tubuh Anda menjadi berstamina dari biasanya. Dengan demikian tubuh memiliki daya tahan yang lebih baik daripada tubuh yang tidak menjalani aktivitas rutin berolahraga.

Selain kelelahan, risiko akibat begadang menenggarai kondisi dispepsia, maag, asma bronkiale, diabetes mellitus, hipertensi, stroke dan serangan jantung. Kelelahan juga mengkondisikan tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi mudah terinfeksi virus kemudian sakit. Oleh karena itu, diperlukan taktik tepat yang sehat guna mengantisipasi risiko kesehatan dari begadang.

Selamat menonton bola![DA]

    0 Komentar

    Belum ada komentar