Sukses

Tetap Cantik Kala Berjerawat

Tetap Cantik Kala Berjerawat

 

Oleh: dr. Jessica Florencia

Klikdokter.com - Hampir semua wanita menyadari bahwa kosmetik memiliki peranan yang cukup penting dalam mempercantik penampilan mereka. Kerap kali, sedikit sentuhan ringan saja, dapat mempengaruhi rona wajah pemakainya, menutupi beberapa kekurangan pada wajah dan kontan membuat seorang wanita merasa lebih cantik dan meningkatkan percaya dirinya.

Namun, tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak semua kosmetik baik untuk wajah. Banyak kosmetik menyebabkan kulit wajah yang sehat malah menjadi berjerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan-bahan kimia dalam kebanyakan produk kosmetik memang dapat menyebabkan jerawat.

Bagi banyak penderita kulit berjerawat, rias wajah yang tebal sering mereka manfaatkan untuk menutupi jerawat mereka, agar menjadi lebih percaya diri. Sayangnya, terkadang hal ini justru berakibat buruk pada kondisi kesehatan kulit wajah yang berjerawat. Bila tidak hati-hati dalam memilih kosmetik, maka penderita kulit berjerawat dapat memperparah kondisi kulitnya.

Jadi, tidak bisa merias wajah saat berjerawat?
Tentu saja tidak demikian. Penderita kulit berjerawat hanya perlu memperhatikan baik-baik kosmetik yang mereka gunakan agar tetap dapat mempercantik diri dan tidak memperparah kondisi kulitnya.

Kulit wajah yang berjerawat memang lebih mudah mengalami penyumbatan pori-pori, pembentukan komedo dan penumpukan sel kulit mati. Untuk itulah kosmetik yang diperlukan untuk kulit wajah berjerawat bukan hanya kosmetik rias melainkan juga kosmetik perawatan.

Kosmetik Perawatan mencakup pembersih kulit, pelembab kulit, penipis kulit dan pelindung kulit. Keseluruhan kosmetik perawatan ini ditujukan untuk mengurangi produksi lemak kulit, mengurangi sumbatan di pori-pori kulit, mencegah bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit dan mengusahakan berkurangnya peradangan.

Tidak ada larangan untuk memakai kosmetik rias bagi penderita kulit berjerawat. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenisnya. Sebagai contoh adalah pemilihan alas bedak. Penderita kulit berjerawat sering memilih alas bedak berbentuk krim karena bahannya terasa lebih halus ketika diaplikasikan dan dapat memberi efek penutup yang baik. Namun, justru alas bedak berbentuk krim lebih banyak mengandung bahan yang dapat menyebabkan kulit berjerawat. Untuk itulah, penderita kulit berjerawat lebih disarankan untuk menggunakan alas bedak yang berbentuk cair.

Penggunaan pemerah pipi juga patut diperhatikan karena hampir semua pemerah pipi yang dijual di pasaran mengandung bahan pewarna yang dapat menyebabkan jerawat. Penderita kulit berjerawat disarankan untuk memilih alternatif perias mata berwarna merah jambu sebagai pemerah pipi. Hal ini cenderung lebih aman karena rias mata tidak mengandung bahan pewarna yang dapat menyebabkan kulit berjerawat.

Jadi, penderita kulit berjerawat dapat tetap mempercantik diri dengan kosmetik, namun perlu memperhatikan produk-produk kosmetik yang digunakan dan sangat disarankan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter agar tidak memperparah kondisi kulit berjerawat dan dapat disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing penderita.[](JF)

    0 Komentar

    Belum ada komentar