Sukses

Duduk Terlalu Lama Mengundang Banyak Penyakit

Duduk Terlalu Lama Mengundang Banyak Penyakit

Oleh : dr. Indiradewi Hestianingsih

Teknologi semakin maju dimana banyak penemuan dimaksudkan untuk mempermudah banyak orang menggunakannya, seperti  ditemukannya  remote TV, adanya telepon genggam, mesin fotocopy yang dikombinasi dengan mesin printer, fax dan scan sehingga tidak memerlukan banyak mesin dan tempat dan dapat dipergunakan secara personal .

Dengan banyakya penemuan yang mempermudah orang, sehingga banyak orang menjadi kurang gerak. Banyak karyawan sekarang duduk terlalu lama berjam-jam dibelakang meja. Ada  riset yang dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine yang menyebutkan bahwa duduk dalam waktu lama dapat menggangu kesehatan, sekalipun Anda terhitung pribadi yang rajin berolahraga.

"Setelah 4 jam duduk, tubuh secara spontan mengirimkan signal tanda berbahaya," tukas Elin Ekblom-Bak. Peneliti asal Sekolah Olahraga dan Ilmu Kesehatan Swedia seperti dikutip Healthday.com . Beliau memimpin penelitian, mengatakan, “setiap orang mengetahui tentang keuntungan kesehatan yang bisa diperoleh dari olahraga secara teratur. Tetapi apa yang belum diperingatkan adalah periode waktu duduk yang lama dapat menyebabkan risiko ekstra yang tidak bisa ditangani atau dicegah hanya dengan berolahraga. Ada peningkatan jumlah studi yang memperlihatkan fakta tersebut.”

Penelitian dilakukan terhadap 2 kelompok dimana satu kelompok merupakan pegawai yang bekerja seharian ditempat duduk 8 jam sehari dibandingkan dengan karyawan yang mempunyai kesempatan dan waktu untuk keluar, hasilnya adalah kelompok yang mempunyai kesempatan untuk keluar mempunyai likuiditas darah lebih baik seperti kadar gula darah dan resiko kegemukan kecil.

Ditambah lagi, risiko banyak duduk memperbesar resiko terkena ambeien, gangguan fungsi ginjal, sakit kepala dan gangguan persendian, kanker, diabetes, serangan jantung dan kegemukan.

Solusi yang perlu dilakukan menurut Ekblom-Bak adalah dengan bangun dan meluruskan tulang belakang. Dia menekankan, “sangat penting mengambil waktu lima menit istirahat dari meja setiap 30 - 45 menit pekerjaan, dengan melakukan relaksasi, berdiri, berjalan untuk melancarkan peredaran darah.

Sebaiknya, jangan mengirim email kolega, melainkan berjalanlah melintasi kantor untuk menyampaikan pesan”. Meletakkan gelas kopi atau printer atau fotocopy di ruangan sebelah . Sehingga mau tidak mau , Anda akan bergerak .

    0 Komentar

    Belum ada komentar