Sukses

Faktor Genetik Picu Timbulnya Uban Pada Wanita

Hingga saat ini, sebagian besar orang percaya bahwa timbulnya uban pada wanita dipicu terutama oleh faktor lingkungan seperti stres, tekanan hidup sehari-hari dan makanan yang dikonsumsi.

Oleh : dr. Dissy Pramudita

Klikdokter.com - Hingga saat ini, sebagian besar orang percaya bahwa timbulnya uban pada wanita dipicu terutama oleh faktor lingkungan seperti stres, tekanan hidup sehari-hari dan makanan yang dikonsumsi. Telah terdapat banyak teori yang diajukan untuk menjelaskan alasan timbulnya uban pada setiap orang, namun tidak terdapat banyak bukti ilmiah yang mendukung teori-teori tersebut.

Karena itu, melalui penelitiannya dr. David A Gunn, dkk mencoba untuk mencari tahu dan membuktikan faktor penyebab utama yang berpengaruh terhadap timbulnya uban pada wanita.

Berdasarkan penelitiannya yang telah dilakukan terhadap 102 pasang  wanita kembar identik dan kembar non-identik, dengan variasi usia antara 59-81 tahun ditemukan bahwa faktor genetik memegang peranan yang lebih penting dalam memicu timbulnya masalah uban pada wanita dibandingkan faktor lingkungan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat sedikit perbedaan dalam pola tumbuhnya uban pada pasangan kembar identik, dimana mereka berbagi gen yang sama. Sementara pada pasangan kembar non-identik, yang memiliki gen berbeda satu dengan yang lain, ditemukan lebih banyak perbedaan pada pola pertumbuhan uban yang tumbuh di rambut keduanya.

Hasil penelitian tersebut jelas menunjukkan besarnya peranan faktor genetik terhadap tumbuhnya uban pada seorang wanita. Terlepas dari banyaknya tekanan hidup dan stres yang dapat mempengaruhi tumbuhnya uban, namun terdapat faktor genetik yang memberikan pengaruh yang yang lebih besar terhadap perubahan warna rambut menjadi abut-abu.

Hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE ini mampu menjawab kebingungan banyak pihak yang telah mengalami perubahan warna rambut menjadi abu-abu di usia sangat muda.

Karena itu, jika uban anda muncul pada usia muda, janganlah terburu-buru menyalahkan stres pekerjaan dan faktor lingkungan lain sebagai penyebabnya. Cobalah lihat kembali riwayat keluarga anda, adakah riwayat munculnya uban di usia muda pada salah satu anggota keluarga anda yang lain?[](DP)

    0 Komentar

    Belum ada komentar