Sukses

Terapi Minimal Invasif membantu Pria Tidak Subur

Pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah vena di skrotum yang dikenal sebagai varicocele merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan bagi pria. Penelitian terbaru didapatkan bahwa masalah

Sumber : www.reuters.com

Pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah vena di skrotum yang dikenal sebagai varicocele merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan bagi pria.  Penelitian terbaru didapatkan bahwa masalah tersebut dapat diatasi dengan terapi minimal invasif yang disebut embolisasi vena retrograde.

Prosedur tersebut yang dilakukan menggunakan kateter kecil yang bekerja dengan cara menghambat aliran darah yang terlalu banyak menuju vena. Hal tersebut mengakibatkan vena akan mengerut dan kembali ke ukuran normal.

Penelitian yang diterbitkan di Jurnal Radiologi ini  menyatakan bahwa embolisasi vena retrograde dapat memperbaiki kualitas semen atau air mani yang menghasilkan kehamilan pada 1/3 kasus.

Penelitian yang dilakukan oleh dr. Sebastian Flacke dkk dari Fakultas Kedokteran Unversitas of Bonn, Jerman, melibatkan 226 pria infertil dengan 228 varicocele yang melakukan prosedur embolisasi vena retrograde.

Sebagian besar, sekitar 226 kasus varicocele sukses ditangani. Pemeriksaan secara klinis dan ultrasound menyatakan bahwa varicocele telah kembali seperti semula pada 206 pasien (92.4%).

Embolisasi varicocele berkaitan dengan perbaikan secara signifikan kuantitas dan pergerakan dari sperma. Meskipun begitu, rata-rata dari mereka tetap memiliki nilai abnormal berdasarkan standar WHO. Perbaikan fertilitas atau kesuburan yang dikarenakan terapi embolisasi vena ini setaraf dengan perbaikan secara operasi.

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar