Sehat dan Bugar

Penyebab Hasil Olahraga Anda Tidak Maksimal

dr. Theresia Rina Yunita, 26 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, sumber makanan dan pola hidup yang tidak sehat dapat menghancurkan jerih payah selama berolahraga? Simak disini.

Penyebab Hasil Olahraga Anda Tidak Maksimal

Olahraga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Aktivitas tersebut dapat membantu menurunkan faktor risiko berbagai penyakit. Selain itu, berolahraga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga memengaruhi penampilan seseorang. 

Tidak hanya itu, olahraga turut membantu seseorang lebih fokus dalam bekerja dan meraih tujuan mereka. 

Sayangnya, ada beberapa hal yang bisa membuat olahraga Anda tidak memberi hasil yang diharapkan. 

Berikut ini hal yang patut Anda perhatikan karena bisa menyebabkan hasil olahraga tidak maksimal.

1. Perhatikan Durasi dan Frekuensi Berolahraga

Apakah Anda sudah memulai berolahraga? Satu kali seminggu atau mungkin dua minggu sekali? Sebaiknya Anda memerhatikan durasi dan frekuensi saat berolahraga. 

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal, lakukan latihan fisik 3-5 kali dalam seminggu dengan total waktu 150 menit. Kurang dari itu tentunya hasil tidak akan semaksimal yang diharapkan. 

Artinya, berlebihan atau kekurangan durasi akan membuat hasil olahraga tidak maksimal.

Artikel Lainnya: Olahraga yang Cocok Dilakukan Usai Bekerja

2. Tidak Konsisten Berolahraga

Olahraga rutin jika dibandingkan dengan olahraga sesekali saat sempat tentu akan berbeda hasilnya. Olahraga seberat dan sekeras apa pun tidak dapat memberikan manfaat olahraga yang optimal jika Anda tidak melakukannya dengan konsisten. 

Kuncinya adalah selipkan olahraga dalam rutinitas harian Anda, bisa setiap pagi hari sebelum memulai aktivitas atau sore hari saat selesai beraktivitas. 

Walaupun masih kurang dari target, tetap lakukan secara rutin agar tubuh terbiasa untuk bergerak. Hal itu penting dilakukan, lantaran rutinitas yang tidak konsisten bisa menjadi penyebab olahraga tidak berhasil.   

3. Tidak Memperhatikan Makanan

Hindari mengonsumsi makanan dengan porsi besar dan banyak sebelum Anda berolahraga. Mengonsumsi makanan terlalu banyak sebelum berolahraga akan menyedot energi ke perut, bukan ke otot-otot yang akan dilatih ketika berolahraga.

Lima belas hingga tiga puluh menit sebelum berolahraga, Anda dapat mengonsumsi makanan ringan yang dapat mengenyangkan lebih lama, seperti apel, pisang, atau havermut.

4. Pakaian yang Kurang Nyaman

Gunakanlah pakaian yang nyaman, cukup longgar, dan tidak terlalu ketat. Misalnya pada wanita, gunakan bra khusus olahraga agar nyaman.

Pakaian olahraga yang terlalu ketat dapat membatasi pergerakan dan menghambat aliran darah dan oksigen ke otot-otot yang membutuhkan.  

Selain itu, memilih pakaian olahraga yang Anda suka dan nyaman akan menambah semangat ketika berolahraga. 

5. Tidak Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Selalu ingat untuk melakukan pemanasan sebelum Anda memulai olahraga. Anda akan mendapatkan manfaat olahraga yang lebih optimal dan terhindar dari cedera dengan melakukan pemanasan.

Usai olahraga, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Berdasarkan American Council of Exercise, pendinginan usai berolahraga sangat penting untuk mencegah cedera. 

Melakukan pendinginan juga terbukti dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang biasanya muncul setelah satu  atau dua hari berolahraga. Jangan sampai karena melupakan pemasanasan dan pendinginan, hasil olahraga tidak maksimal. 

Artikel Lainnya: Ingin Olahraga saat Hujan? Ini Manfaat dan Bahayanya!

6. Memaksakan Diri

Memaksakan tubuh untuk berolahraga juga tidak baik, Anda bisa mengalami cedera, kelelahan ekstrem, hingga pingsan.

Lansia dan orang dengan penyakit jantung juga perlu memperhatikan kemampuan tubuh mereka dalam beraktivitas. 

Jika sudah merasa lelah dan nyeri pada otot, jangan paksakan diri untuk tetap berolahraga. Beristirahatlah sejenak atau hentikan olahraga. Tingkatkan kapasitas olahraga Anda secara bertahap, jangan mendadak.

Bila Anda memaksakan diri, bukan tidak mungkin hal itu justru menjadi penyebab olahraga tidak maksimal memberi manfaat.

7. Kekurangan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan saat berolahraga sangatlah penting. Cairan dapat membantu Anda menjaga keseimbangan suhu tubuh, sebagai pelumas sendi, membantu pembuangan racun dari dalam tubuh melalui berkemih serta berkeringat. 

Asupan cairan yang cukup juga mencegah dehidrasi, membantu pergerakan saluran usus, menjaga kesehatan saraf tulang belakang, dan jaringan lunak tubuh lainnya.

Jangan lupa untuk mengganti cairan yang hilang dari keringat selama Anda berolahraga dengan minum cukup air. Anda mungkin butuh minum lebih banyak, khususnya jika sedang berolahraga di luar ruangan yang memiliki cuaca panas.

Ada banyak manfaat yang didapat dari berolahraga. Bila dilakukan secara teratur, kegiatan yang satu ini akan membantu Anda terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit. 

Berolahragalah dengan cara yang tepat, Anda pun bisa senantiasa sehat! Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

aktivitas fisiklatihanOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait