Sukses

Penyebab Hasil Olahraga Anda Tidak Maksimal

Tahukah Anda, sumber makanan dan pola hidup yang tidak sehat dapat menghancurkan jerih payah selama berolahraga? Simak disini.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga bermanfaat untuk menjaga agar tubuh tetap ideal dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain itu juga dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, dan membuat lebih gampang tidur.

Tak hanya itu, olahraga turut membantu seseorang lebih fokus dalam bekerja dan meraih tujuan. Juga meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan energi, dan sederetan manfaat olahraga lainnya.

Namun, semua itu tidak cukup bila tidak diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan protein. Berikut hal yang patut diperhatikan agar olahraga yang telah ditekuni membuahkan hasil yang maksimal.

Perhatikan Makanan

Hindari makan terlalu ‘berat’ sebelum Anda berolahraga. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak sebelum berolahraga akan menyedot energi ke perut Anda, bukan ke otot-otot yang akan dilatih ketika berolahraga.

Lima belas hingga tiga puluh menit sebelum berolahraga, Anda dapat mengonsumsi makanan ‘ringan’ yang dapat mengenyangkan lebih lama, seperti apel, pisang, atau havermut.

Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman, cukup longgar, dan tidak terlalu ketat. Pakaian olahraga yang terlalu ketat dapat membatasi pergerakan dan menghambat aliran darah dan oksigen ke otot-otot yang membutuhkan.

Lakukan Pemanasan

Selalu ingat untuk melakukan pemanasan sebelum Anda memulai olahraga. Anda akan mendapatkan manfaat olahraga yang lebih optimal dan terhindari dari cedera dengan cara ini.

Timbang Kemampuan

Jika Anda sudah merasa lelah dan nyeri pada otot, jangan paksakan. Beristirahatlah sejenak atau hentikan olahraga. Tingkatkan kapasitas olahraga Anda secara bertahap, jangan mendadak.

Cukup Minum

Jangan lupa untuk mengganti cairan yang hilang dari keringat selama Anda berolahraga dengan cukup minum.

Konsisten

Olahraga seberat dan sekeras apapun tidak dapat memberikan manfaat olahraga yang optimal jika Anda tidak melakukannya dengan konsisten. Lakukanlah olahraga teratur minimal 3 kali sehari, selama 30-60 menit.

Ada banyak manfaat yang didapat dari olahraga. Bila dilakukan secara teratur, kegiatan yang satu ini akan membantu Anda terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit. Dengan cara yang tepat, Anda pun sehat!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar