Sukses

Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap untuk Batuk, Apakah Efektif?

Ramuan jeruk nipis dan kecap dianggap sebagai obat alami batuk, yang khasiatnya sangat efektif. Namun, apakah medis setuju dengan manfaat jeruk nipis dan kecap tersebut?

Salah satu obat alami batuk yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Racikan tersebut katanya dapat menghasilkan suatu senyawa yang konon sangat mujarab untuk mengatasi batuk.

Tidak hanya itu, racikan jeruk nipis dan kecap juga dianggap efektif untuk mengobati batuk tanpa adanya efek samping yang merugikan kesehatan. Lantas, apakah medis setuju dengan anggapan-angapaan tersebut?

 

1 dari 3 halaman

Ampuhkah Jeruk Nipis dan Kecap untuk Mengatasi Batuk?

Racikan jeruk nipis dan kecap untuk batuk memang banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran, sebuah penelitian dari Universitas Brawijaya mencoba membuktikan khasiatnya.

Artikel lainnya: Anak Sering Batuk, Apakah Pasti Akibat Alergi?

Jeruk nipis yang dikenal dengan nama latin Citrus aurantifolia mempunyai kandungan antibakterial atau mampu mencegah pertumbuhan bakteri.

Hal ini berkaitan dengan adanya kandungan fitokimia antibakterial, seperti fenolik, flavonoid, tannin, saponin, steroid dan glikosida dalam jus jeruk nipis.

Apakah itu berarti bahwa manfaat jeruk nipis dan kecap benar-benar terbukti dapat mengatasi batuk? Ya, khususnya untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri S.aureus dan S.pyogenes.

Menurut penelitian, diperlukan setidaknya 50% campuran perasan jeruk nipis dari total larutan yang akan dikonsumsi agar efek antibakterial terhadap kedua bakteri tersebut bekerja secara baik.

Bagaimana dengan kecap? Si hitam dengan rasa manis yang khas ini sebenarnya tidak memiliki efek yang bermakna untuk mengurangi gejala batuk. Kecap hanya bertugas untuk menetralkan rasa asam atau kecut dari perasan jeruk nipis.

Artikel lainnya: Terserang Batuk, Kapan Perlu Minum Obat?

2 dari 3 halaman

Cara Membuatnya Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap

Penasaran dengan cara membuat ramuan jeruk nipis dan kecap? Tenang, Anda tidak perlu khawatir.

Cara sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti sendok makan, pisau, jeruk nipis, dan kecap manis. Sebagai alternatif, Anda juga bisa siapkan gelas, air hangat dan madu.

Setelah semua bahan disiapkan, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Siapkan jeruk nipis, ambil pisau, kemudian potong menjadi dua bagian.
  • Siapkan sendok makan, tuangkan kecap manis secukupnya.
  • Setelah itu, ambil salah satu bagian jeruk nipis yang telah dipotong. Peras cairannya ke dalam sendok yang sudah berisi kecap manis.
  • Pastikan tidak ada biji jeruk yang ikut tercampur.
  • Anda bisa langsung mengonsumsi campuran jeruk nipis dan kecap manis sampai 3 kali dalam sehari.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti kecap manis dengan madu untuk campuran jeruk nipis. Agar manfaatnya benar-benar optimal, ikuti cara berikut.

  • Ambil gelas dan tuangkan air hangat kurang lebih 100 mililiter.
  • Tuang 2 sendok makan madu atau sekitar 30 mililiter ke dalam gelas berisi air hangat.
  • Aduk sampai madu larut.
  • Siapkan jeruk nipis, kemudian menjadi dua bagian.
  • Peras salah satu bagian jeruk nipis ke dalam gelas yang berisi larutan madu.
  • Aduk hingga merata dan Anda sudah bisa langsung mengonsumsinya.

Khasiat jeruk nipis dan kecap umumnya sangat memuaskan, karena dapat mengurangi gejala batuk. Meski demikian, penggunaan racikan tersebut secara luas sebenarnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Itu berarti bahwa ramuan jeruk nipis dan kecap untuk batuk tidak memberikan manfaat yang melulu sama pada tiap orang yang mengonsumsinya.

Karenanya, jika sudah mengonsumsi racikan tersebut dan keluhan tidak kunjung hilang, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter. Anda juga bisa menggunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk chatting langsung dengan dokter secara gratis.

(NB/AYU)

4 Komentar