Sukses

Jangan Sembarangan Minum Jamu Kalau Tak Mau Sengsara!

Jamu memang terbuat dari rempah alami. Namun, berhati-hatilah minum jamu yang tidak jelas komposisinya! Bukannya membawa manfaat, minum jamu sembarangan bisa membawa petaka.

Pasti Anda pernah minum jamu bukan? Minuman jamu merupakan minuman yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Jamu umumnya terbuat dari berbagai rempah tradisional yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Jamu yang sudah melalui uji BPOM tentu aman dikonsumsi. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jamu yang tidak jelas kandungannya dan belum melalui uji klinis? Sialnya lagi, jamu-jamu tersebut beredar bebas di pasaran.

Bahaya minum jamu sembarangan

Jamu merupakan minuman tradisional dengan kandungan rempah tradisional. Namun banyak oknum tidak bertanggung jawab yang membuat minuman berkedok jamu, yang mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Salah satu bahan yang berbahaya adalah kandungan steroid yang merupakan obat poten anti radang. Kandungan steroid dalam jamu akan memberikan sensasi bebas nyeri dan mengurangi peradangan yang terjadi.

Jadi, bisa saja keluhan nyeri sendi Anda hilang setelah meminum jamu yang mengandung steroid. Masalahnya, penggunaan steroid dalam jangka panjang memiliki dampak kesehatan yang buruk.

Seorang yang menggunakan steroid dengan tidak tepat dapat mengalami efek samping negatif. Salah satu dampak kesehatan yang ditakutkan adalah perdarahan saluran cerna.

Perlukaan saluran cerna biasanya terjadi pada daerah lambung, dimana terdapat luka pada lambung dan menyebabkan perdarahan. Jika tidak ditangani dengan baik, perdarahan dapat memburuk dan mengancam nyawa.

Lakukan ini!

Jika Anda mengalami keluhan buang air besar (BAB) berdarah, kunjungilah rumah sakit terdekat. Jika perdarahan terjadi dalam jumlah yang banyak, Anda bisa kekurangan darah dan memerlukan terapi secepatnya.

Hindari berbagai jamu atau obat yang diduga bisa menyebabkan keluhan BAB berdarah. Biasanya, Anda akan diminta puasa terlebih dahulu dan mendapat berbagai pengobatan untuk menghentikan perdarahan. Pemeriksaan endoskopi atau teropong saluran cerna diperlukan untuk melihat lokasi perdarahan.

Anda pecinta minuman jamu? Tak masalah. Tapi berhati-hatilah dalam memilih jamu yang akan diminum. Memilih dengan cermat akan menghindarkan Anda dari berbagai efek buruk dari minuman berkedok jamu yang berbahaya.

(RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar