Sukses

Mengapa Wanita Hamil Sering Ngidam?

Sebagian besar wanita hamil pernah mengalami ngidam. Apa sebenarnya penyebab ngidam ini?

Ngidam saat hamil tentunya fenomena yang sudah tidak asing lagi. Namun, pernahkah terlintas di pikiran Anda mengapa ibu hamil ngidam? Apa sebenarnya penyebab ngidam ini?

Ngidam merupakan suatu kondisi yang umumnya terjadi pada trimester pertama, dan mencapai puncaknya pada trimester kedua kehamilan. 

Munculnya ngidam saat hamil tidak dapat diprediksi, dan biasanya berbeda antara ibu hamil yang satu dengan yang lainnya. Seorang wanita juga bisa saja ngidam makanan yang berbeda pada kehamilan pertama dan kehamilan selanjutnya.

Lalu, apa yang menjadi penyebab ngidam? Ada beberapa teori yang diformulasi para ahli untuk menjawab pertanyaan ini. Berikut beberapa di antaranya:

 

1 dari 5 halaman

1. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal bisa menjadi penyebab ngidam. Ini dikarenakan saat hamil, terjadi perubahan regulasi dari berbagai hormon. Hal inilah yang membuat ibu hamil ngidam untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Artikel Lainnya: Mengatasi Jerawat saat Kehamilan

2. Perubahan Indra Perasa

Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar hormon tertentu di dalam tubuh selama kehamilan dapat mengubah indra perasa. Tak hanya itu, indra penciuman pada wanita hamil pun akan terpengaruh.

Hal ini bisa menjadi penyebab ngidam sehingga ada beberapa ibu yang menginginkan konsumsi jenis makanan tertentu seperti makanan yang asam atau pedas.

2 dari 5 halaman

3. Peningkatan Produksi Air Liur

Saat awal kehamilan, produksi air liur mengalami peningkatan. Kondisi ini yang membuat area mulut terasa seperti ada kandungan logam. Pada akhirnya, hal ini membuat ibu hamil ngidam dan memiliki keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan tertentu demi menetralisir rasa logam di dalam mulut.

4. Kebutuhan Energi Ibu Hamil Meningkat

Kebutuhan energi ibu meningkat selama masa kehamilan dan bisa menjadi penyebab ngidam. Alhasil, ibu membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dibandingkan sebelum hamil dan keinginan untuk konsumsi makanan tertentu pun semakin meningkat.

5. Perubahan Psikologis Saat Hamil

Perubahan hormon dapat memengaruhi kondisi psikologis ibu selama masa kehamilan. Hal ini terkadang dialihkan dengan keinginan konsumsi makanan tertentu, sehingga juga bisa menjadi penyebab ngidam.

3 dari 5 halaman

6. Perubahan Kondisi Otak

Terdapat penelitian bahwa saat hamil terjadi peningkatan zat neuropeptide Y (NPY) di hipotalamus otak, yang berguna untuk mengatur nafsu makan. Karena itu, meningkatnya NPY dapat menjadi penyebab ngidam saat hamil.

Artikel Lainnya: Depresi Saat Hamil, Kenali Tanda-tandanya di Sini

7. Emosi Tidak Stabil

Perubahan emosi yang dialami oleh ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti keadaan rumah yang berantakan, lingkungan yang kumuh, penghasilan keluarga yang rendah, dan lainnya.

Saat emosi tidak stabil, keinginan untuk makan makanan tertentu menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, emosi yang tidak stabil bisa menjadi penyebab ngidam pada ibu hamil.

4 dari 5 halaman

8. Kebutuhan Gizi Meningkat

Penyebab ngidam lainnya adalah kebutuhan gizi yang meningkat. Karena saat hamil, kebutuhan gizi meningkat sehingga ngidam terhadap makanan tertentu sering terjadi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu.

Ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat bahwa ngidam saat hamil harus terpenuhi. Jika tidak, maka akan membuat anaknya kelak mengeluarkan air liur terus-menerus. Hal ini tidaklah benar.

Hal yang lebih perlu diperhatikan adalah ibu sebaiknya tidak sembarangan makan meskipun sedang ngidam. Ada bayi dalam kandungan yang harus dijaga juga kesehatannya. Apabila ibu memiliki riwayat penyakit tertentu, hendaknya memilih asupan makanan yang disarankan dokter, yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Artikel Lainnya: Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan

Selain itu, ibu hamil juga perlu memperhatikan asupan makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Secara sederhana, panduan makan sehat yang bisa diterapkan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil adalah sebagai berikut.

  • Memenuhi setengah piring dengan sayur dan buah
  • Memenuhi seperempat piring dengan biji-bijian sebagai sumber karbohidrat
  • Memenuhi seperempat piring sisanya dengan protein (lebih baik protein tanpa lemak)
  • Lengkapi menu makan sehari dengan susu atau produk olahannya

Demikian beberapa penyebab ngidam saat hamil. Jagalah kesehatan Anda selama kehamilan dengan selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Apabila menemukan kendala dalam memenuhi nutrisi saat hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan Anda.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami terkait masalah kehamilan lainnya. Gunakan fitur Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar