Sukses

Berenang Setelah Makan Bikin Kram, Benarkah?

Berenang setelah makan akan membuat kram di perut yang dapat menyebabkan Anda tenggelam. Apakah hal ini benar? Berikut info medis dari dr. Dewi Ema Anindia

Berenang setelah makan bikin kram. Oleh karena itu, Anda harus menunggu hingga 30 menit setelah makan baru kemudian Anda dapat berenang dengan nyaman. Namun, apakah hal ini benar?

Mitos ini menyebutkan bahwa apabila Anda langsung berenang setelah Anda makan, maka akan ada kemungkinan Anda dapat tenggelam karena terjadi kram otot saat perut Anda penuh.

Saat tubuh Anda sedang mencerna makanan, aliran darah akan banyak ke organ pencernaan, namun bukan berarti aliran darah lain di bagian tubuh kita dapat berkurang.

Menurut American Academy of Pediatrics atau American Red Cross, hingga saat ini belum ada laporan kasus tenggelam yang disebabkan oleh perut yang penuh. Selain itu, institusi tersebut juga tidak memberikan saran jarak waktu dari makan hingga berenang.

Sebelumnya, memang pernah dilaporkan kasus kram pada perut apabila Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar sebelum Anda berenang. Hal ini dinamakan sebagai stiches. Walaupun kebenaran hal ini tidak dapat dibuktikan, Anda harus tetap menjaga agar kemungkinan hal ini untuk terjadi pada Anda bisa dihindari. Pasalnya, jika Anda ingin melakukan kegiatan apapun, terutama saat kita berolahraga namun perut kita sedang penuh, akan menimbulkan rasa tidak nyaman, hingga muntah.

Beberapa atlet renang justru akan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit sebelum mereka bertanding guna memberikan energi.

Oleh karena itu, walaupun ada teori yang menyebutkan bahwa dapat muncul kram pada perut ketika Anda berenang setelah makan, bukan berarti hal ini dapat menyebabkan Anda tenggelam begitu saja. Namun demikian, hal ini memang dapat menyebabkan munculnya keluhan seperti mual atau rasa penuh di perut ketika Anda berenang setelah makan.

0 Komentar

Belum ada komentar