Sukses

Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta? Banyak orang merasa mengantuk setelah mengonsumsi nasi putih. Namun, apakah memang benar jika nasi putih bisa menyebabkan kantuk?

KlikDokter.com - Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan tidur pulas setalah makan yang banyak. Hal ini bukan menunjukkan bahwa Anda malas, justru hal ini merupakan kondisi biologis tubuh! Mengapa demikian?

Mengonsumsi makanan dapat memicu reaksi dalam otak untuk mengeluarkan zat yang mampu meningkatkan aliran darah, serta energi untuk proses pencernaan makanan. Saat proses pencernaan makanan berlangsung, maka akan terjadi metabolisme dan pemecahan nutrisi yang berguna untuk tubuh Anda.

Proses tersebut dapat memicu peningkatan gula darah tubuh dan pankreas untuk mengeluarkan insulin. Insulin ini mampu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang akan membanjiri otak – kedua substansi ini berkaitan dengan rasa lemas dan mengantuk. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda mengantuk dibandingkan makanan lainnya, salah satunya adalah nasi putih.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

Makan Nasi Bisa Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta?

Fatigon Spirit

Selain dicerna oleh tubuh dengan cepat, nasi putih juga dapat meningkatkan gula darah secara cepat, sehingga dapat meningkatkan energi secara cepat kemudian menurunkannya secara cepat juga. Inilah yang bisa membuat Anda lelah setelah mengonsumsi nasi putih.

Bagaimana caranya untuk mencegah hal ini?

  • Konsumsilah makanan yang tidak banyak diproses seperti gandum, serta sayuran dan buah yang lebih lama untuk dicerna. Sebagai alternatif, pilih nasi coklat atau nasi merah ketimbang nasi putih.
  • Konsumsi protein yang lebih banyak seperti ikan atau ayam ke dalam diet Anda. Anda juga dapat mengonsumsi makanan jenis lemak yang sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, tahu, serta biji-bijian.
  • Apabila Anda merasa lemas atau mengantuk setelah mengonsumsi nasi, cobalah jalan kaki selama 20 menit. Melakukan aktivitias fisik akan meningkatkan kadar energi di dalam tubuh.
  • Jangan lupa untuk minum air putih secukupnya, karena kekurangan air putih dapat membuat Anda semakin lemas. Dianjurkan untuk minum air putih sekitar 8 gelas per hari. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

1 Komentar