Sukses

5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan

Olahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Apa saja manfaat-manfaatnya?

KlikDokter.com - Berolahraga banyak memiliki efek positif terhadap tubuh. Selain dapat mengurangi angka kejadian penyakit kanker dan diabetes hingga 50%, latihan fisik juga mengurangi angka kejadian meninggal di usia muda hingga 30%. Pada orang dewasa diharapkan dapat melakukan olahraga selama 150 menit setiap minggunya. Berikut adalah beberapa keuntungan berolahraga yang penting untuk diketahui:

  • Mengontrol Berat Badan

Dengan berolahraga secara rutin maka Anda dapat mengontrol berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat untuk mengurangi kalori; jenis aktivitas fisik seperti naik turun tangga atau membersihkan rumah juga bisa Anda terapkan.

  • Melawan Berbagai Penyakit

Berolahraga dapat meningkatkan kadar HDL atau kolestrol baik serta mengurangi kadar trigliserida. Kedua hal ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung serta memperbaiki aliran darah di tubuh.

Berikut beberapa manfaat olahraga lainnya untuk kesehatan tubuh:

1 dari 2 halaman

5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan

Fatigon Spirit

  • Menjaga Mood

Saat Anda sedang stres dalam pekerjaan atau masalah hidup, coba lakukan olahraga sederhana selama 30 menit saja. Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon di otak yang dapat membuat Anda lebih tenang.

  • Meningkatkan Energi

Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan tubuh, serta membantu menjaga aktivitas dari jantung. Apabila kerja jantung dan paru-paru Anda optimal, maka Anda tidak akan merasa cepat lelah.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Berolahraga dapat meningkatkan aliran darah tubuh. Peningkatan aliran darah tubuh ini baik untuk kesehatan sel-sel kulit, karena terjadinya peningkatan hantaran oksigen dan nutrisi ke kulit.

0 Komentar

Belum ada komentar