HomeInfo SehatKesehatan UmumKaki Sering Kesemutan, Apa Penyebabnya?
Kesehatan Umum

Kaki Sering Kesemutan, Apa Penyebabnya?

dr. Citra Roseno, 10 Feb 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kesemutan merupakan suatu gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem tidak tersalurkan maksimal. Apa yang menyebabkan demikian? Selengkapnya disini.

Kaki Sering Kesemutan, Apa Penyebabnya?

Klikdokter.com – Pernahkah Anda mengalami kesemutan setelah jongkok terlalu lama atau tangan tertindih saat tidur?

Sebenarnya,  kesemutan merupakan suatu gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem tidak tersalurkan maksimal. Ketika posisi tubuh kita menyebabkan saraf terjepit, kita pasti mengalami kesemutan karena aliran darah menjadi tidak lancar. Ada beberapa hal lain yang dapat menimbulkan kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis), yakni:

  1. Penekanan saraf yang berlangsung lama seperti saat tidur, duduk bersila, dan lain-lain
  2. Dehidrasi (kurang cairan)
  3. Kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

  1. kesemutan, sering, kaki,Gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dan sebagainya
  2. Gangguan jantung dan pembuluh darah
  3. Gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal
  4. Infeksi dan sindrom pasca infeksi
  5. Gangguan jaringan ikat dan imunitas
  6. Kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  7. Kekurangan vitamin: vit B1, vit B5, dan B12
  8. Keganasan/tumor otak

Untuk mengobati kesemutan yang terkadang mengganggu, apalagi jika berlarut-larut, adalah mengenali terlebih dulu gejala awal kesemutan tersebut. Jika hanya karena kaki atau tangan tertekuk terlalu lama, biasanya kesemutan akan hilang dengan sendirinya.

Sementara itu kesemutan yang disebabkan oleh faktor lain, maka pengobatannya disesuaikan dengan faktor penyebabnya yakni dengan menghilangkan atau meminimalisasi faktor penyebab tersebut. 

Solusi Mencegah Kesemutan Terjadi Lagi

Untuk mencegah atau mengatasi kesemutan, konsumsi multivitamin sebagai nutrisi tambahan juga bisa dilakukan. Beberapa elemen seperti Kalium & Magnesium Aspartate dapat membantu menguraikan asam laktat yang menumpuk di otot untuk diubah menjadi energi, namun penelitian dalam hal ini masih terus dilakukan. VITAMIN B1, B6 & B12 juga membantu memelihara sel-sel saraf sehingga efektif untuk mengatasi kesemutan.

Periksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut jika kesemutan Anda semakin meluas dari hari ke hari, disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. 

obatKakisakitSeringSosial & LingkunganKesemutan

Konsultasi Dokter Terkait