Sukses

Cara Mencukur Bulu Kemaluan dengan Waxing yang Sehat

Apakah berbahaya melakukan brazilian waxing untuk menghilangkan bulu kemaluan? Berikut penjelasannya disini.

Klikdokter.com – Tidak sedikit yang memilih untuk mencukur rambut kemaluan dengan beragam alasan tertentu. Apapun demikian, ada beberapa hal penting mengenai kesehatan Anda yang perlu diperhatikan. Karena bagaimana pun kehadiran bulu kemaluan di tubuh bukan berarti sebetulnya tidak memiliki fungsi.

Karena ketahuilah, kehadiran bulu kemaluan di tubuh diyakini memiliki fungsi sebagai pelindung alat genital. Dimana dengan kehadiran bulu kemaluan, iritasi akibat gesekan lebih dapat terhindarkan. Lalu bagaimana dengan menghilangkan bulu kemaluan brazilian waxing? Apakah berbahaya?

Tidak dapat dihindari, menghilangkan bulu di area kemaluan dengan cara waxing sering kali menimbulkan iritasi. Gejala-gejalanya antara lain gatal-gatal, kulit memerah dan perih. Hal itu terjadi karena dengan melakukan waxing, pori-pori rambut akan lebih terbuka dan kuman dari bagian luar genital pun dapat masuk melalui pori-pori tersebut. Untuk mencegah atau mengatasinya, lakukan perawatan wajib sebelum dan sesudah waxing seperti berikut ini:

1 dari 3 halaman

Sebelum waxing

  • Jangan mencukur bulu kemaluan

Sebelum melakukan waxing, sebaiknya Anda menumbuhkan bulu-bulu kemaluan terlebih dulu agar rambut lebih mudah terangkat. Pastikan bulu-bulu mencapai panjang sekitar 5mm hingga 1,5cm.

  • Perhatikan siklus menstrusi

Kulit lebih sensitif selama siklus menstruasi, jadi cobalah untuk melakukan waxing setidaknya lima hari sebelum dan sesudah Anda memasuki masa menstruasi.

  • Minum obat penghilang rasa sakit

Mengonsumsi aspirin atau ibuprofen sekitar 30 menit sebelum melakukan waxing mampu meminimalisir rasa sakit. Hati-hati bila Anda memiliki alergi obat.

  • Lakukan pengelupasan kulit

Lakukan pengelupasan kulit dengan scrub pada malam atau pagi hari sebelum waxing. Cara ini dapat mengurangi sumbatan kotoran di pori-pori serta sel kulit mati sehingga dalam proses waxing, rambut lebih mudah terangkat dan hasilnya lebih maksimal.

2 dari 3 halaman

Sesudah Waxing

  • Hindari air panas

Jauhilah kontak dengan air panas selama 24 jam setelah waxing, karena pori-pori kulit masih sensitif dan mudah iritasi.

  • Hindari penggunaan scrub

Jangan menggunakan scrub selama 2 hari setelah proses waxing untuk menghindari iritasi pada kulit.

  • Hindari pakaian ketat dan sintetis

Kenakan pakaian yang longgar dan berbahan katun untuk menghindari gesekan dan iritasi pada kulit.

  • Hindari berenang dan paparan matahari

Kandungan chlorine yang ada pada air kolam renang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sinar matahari langsung juga dapat mengiritasi kulit yang masih sensitif setelah proses waxing. Hindari paparan sinar matahari setidaknya 24 jam setelah waxing.

0 Komentar

Belum ada komentar