Kulit

8 Fungsi Krim Malam yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Siti Putri Nurmayani, 13 Jun 2023

Ditinjau Oleh dr. Dina Kusumawardhani

Krim malam sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit sepanjang malam. Ketahui fungsi krim malam selengkapnya di sini.

8 Fungsi Krim Malam yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Rangkaian skincare menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Tak jarang, seseorang memiliki sejumlah produk untuk merawat kulitnya, baik untuk digunakan pada pagi atau malam hari.

Krim malam menjadi salah satu produk yang tidak boleh ketinggalan. Sesuai namanya, produk ini digunakan ketika malam hari dan biasanya diaplikasikan sebelum tidur. Yuk, cari tahu fungsi krim malam untuk kulit lewat artikel di bawah ini.

1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat krim malam dapat membantu melembapkan kulit wajah. Ketika mencuci muka di malam hari setelah beraktivitas, kulit wajah akan menjadi kering.

Untuk melembapkannya, kamu perlu menggunakan krim malam. Pasalnya, produk perawatan kulit ini akan menghidrasi kulit semalaman, sehingga kulit akan tampak segar dan bercahaya di pagi hari.

2. Mengurangi Jerawat

Fungsi night cream alias krim malam juga dapat mengurangi jerawat. Krim ini biasanya mengandung pelembap, retinoic acid, glycolic acid, atau salicylic acid yang dapat mengatasi jerawat.

“Bila memiliki masalah kulit yang tergolong serius, seperti jerawat, maka kamu bisa menggunakan krim malam setiap hari,” tutur dr. Dina Kusumawardhani.

3. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Penggunaan krim malam penting untuk membantu proses regenerasi kulit. Di malam hari, kulit akan memperbaiki dirinya sendiri dan melakukan proses regenerasi. Hal ini penting untuk dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Untuk itu, kamu perlu memilih produk krim malam yang baik untuk mendukung proses regenerasi kulit.

4. Meningkatkan Kolagen

Salah satu manfaat night cream adalah untuk membantu meningkatkan produksi kolagen. Pada dasarnya, kolagen merupakan salah satu bentuk protein yang berperan dalam menjaga kulit tampak kencang dan awet muda.

Selain meningkatkan produksi kolagen, krim malam juga dapat membantu menghidrasi kulit agar terlihat lebih sehat.

5. Mencegah Penuaan

fungsi krim malam

Menggunakan krim malam dapat mencegah terjadinya penuaan. Produk perawatan kulit ini dapat membantu melembapkan dan memperbaiki kulit ketika tidur.

Sebaiknya, pilih produk krim malam yang mengandung antioksidan dan bahan anti-penuaan lainnya, seperti retinol serta asam hialuronat. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Artikel Lainnya: Catat! Ini Urutan Skincare Malam yang Benar lho

6. Mengurangi Pigmentasi Kulit

Munculnya pigmentasi di kulit biasanya disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Ini bisa dipicu oleh paparan sinar matahari, hormon, atau obat-obatan tertentu.

Beruntungnya, krim malam bisa membantu mengurangi pigmentasi dengan menghambat produksi melanin. Umumnya, produk ini mengandung bahan aktif seperti vitamin C, retinol, atau niacinamide yang bisa membantu mengurangi tampilan pigmentasi.

Dengan menggunakan krim malam secara teratur, maka warna kulit akan jadi lebih merata dan cerah.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sewaktu mengaplikasikan krim malam, dianjurkan untuk mengoleskannya dengan gerakan memutar. Ini bisa membantu bahan aktif yang ada di dalamnya untuk menyerap ke dalam kulit.

Selain menutrisi dan memperbaiki penampilan kulit, penggunaan krim malam dengan gerakan memutar bisa membantu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. Nantinya, kulit jadi tampak lebih muda dan sehat.

8. Mengatasi Kulit Kering

Gejala kulit kering seperti ruam kulit, pecah-pecah, gatal, atau perih, maka kamu perlu menggunakan krim malam secara rutin.

Dikutip dari American Academy of Dermatology, penggunaan krim akan menambah lebih banyak kelembapan pada kulit, sehingga dapat mengobati kulit kering.

Sebaiknya, krim malam digunakan setelah mencuci muka sebelum tidur. Dianjurkan untuk mengaplikasikannya ketika kulit berada dalam kondisi lembap, supaya produk yang digunakan dapat mudah diserap oleh kulit.

Tak hanya menggunakan krim malam, kamu juga bisa menggunakan krim siang atau pagi. Sesuai namanya, manfaat day cream dapat memaksimalkan perawatan kulit di siang hari.

Bila ragu memilih krim malam, jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter. #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter untuk terhubung dengan dokter kulit secara praktis.

(NM)

Krim MalamPerawatan WajahAwet Muda

Konsultasi Dokter Terkait