Sukses

Perlukah Menggunakan Krim Malam Setiap Hari?

Krim malam sangat efektif untuk mencegah kulit kendur dan berjerawat. Tapi dengan catatan, Anda harus menggunakannnya setiap hari.

Tak sedikit wanita yang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah krim wajah yang digunakan pada malam hari. Ya, krim malam.

Konon, krim ini dapat membantu memperbaiki kondisi kulit wajah menjadi lebih cerah dan kencang asal digunakan setiap hari. Bagaimana pandangan dunia medis mengenai hal ini?

Krim malam adalah jenis kosmetika, yang biasanya mengandung pelembap, retionoic acid, glycolic acid, atau salicylic acid. Zat-zat tersebut bermanfaat melembapkan kulit wajah, menyamarkan kerutan dan bercak hitam, mengatasi jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit.

Jika Anda memiliki masalah kulit wajah yang tergolong serius –seperti penuaan dini atau jerawat– maka Anda dapat menggunakan krim malam setiap hari. Sebaliknya, Anda sebaiknya tidak menggunakannya setiap hari bila tak memiliki masalah serius.

Sebenarnya, Anda juga bisa menjaga dan memperbaiki kondisi kulit wajah tanpa bantuan krim malam. Asalkan Anda melakukan tindakan berikut ini:

  1. Membersihkan wajah secara rutin

Wajah sebaiknya dibersihkan secara rutin, terutama sebelum tidur, dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

  1. Menghindari paparan sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet mencapai puncaknya pada siang hari. Agar sinar ini tidak merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini, sebaiknya gunakan sunblock untuk melindungi kulit Anda. Jika kulit Anda berminyak dan mudah berjerawat, pilihlah sunblock yang non-komedogenik.

  1. Diet sehat dan olahraga teratur

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti sayur dan buah, dapat menjaga dan memperbaiki kondisi kulit. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh. Olahraga teratur, seperti berlari dan yoga, juga dapat membuat kulit lebih kencang dan segar.

  1. Istirahat cukup dan hindari stres

Tidurlah setidaknya 8 jam setiap malam. Kurang tidur dan stres dapat membuat kantung mata dan kerutan di kulit wajah semakin terlihat.

Jika ingin menggunakan krim malam, hindari jenis krim yang memiliki harga selangit. Ingat, harga lebih mahal tidak menjamin kualitas yang lebih baik.

Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui jenis dan masalah kulit yang dialami. Selain untuk mengetahui jenis pengobatan yang tepat, ini juga untuk mencegah efek samping akibat krim yang salah.

(NB/RH)

Baca Juga:

3 Komentar

  • Ida Mamake

    dok cara menghilangkan flek hitam yang sehat dan aman bagaimana? kebetulan saya menyusui

  • Ida Mamake

    dok cara menghilangkan flek hitam yang sehat dan aman bagaimana? kebetulan saya menyusui

  • Wizti Wizti

    dok wajah saya sensitif berminyak jerwat apa crim dan pelembab yang harus saya pake. trimaksih dok