Sukses

Mencuci Wajah Sebaiknya Pakai Air Hangat atau Dingin?

Anda termasuk salah satu orang yang bingung sebaiknya wajah dicuci dengan air hangat atau dingin? Baca faktanya di sini.

Pernah mendengar bahwa mencuci wajah dengan air dingin akan mengencangkan kulit? Atau, air panas akan membuka pori-pori kulit sehingga sisa kosmetik yang membandel mudah dibersihkan?

Kenyataannya, pori-pori kulit tidak membuka dan menutup sehingga mitos-mitos tersebut tidak memiliki bukti ilmiah. Kalau begitu, suhu air seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk mencuci wajah?

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya sehingga perlu perawatan khusus. Sebagian besar ahli kulit dan kecantikan berpendapat bahwa air hangat atau suam-suam kuku paling tepat digunakan untuk mencuci wajah, termasuk membersihkannya dari kosmetik.

Air hangat membersihkan wajah lebih baik daripada air dingin sebab dapat mengurai kotoran dan sisa kosmetik. Air hangat juga nyaman di kulit.

Bila air yang digunakan terlalu panas, kulit wajah dapat melepuh, iritasi, atau menjadi kering. Sementara itu, mencuci wajah dengan air dingin tidak membahayakan kulit tetapi mungkin kurang nyaman bagi Anda.

Lalu, bagaimana sebaiknya membersihkan wajah dari kosmetik? Pertama-tama, gunakan pembersih kosmetik yang bebas air. Pembersih kosmetik jenis ini dapat menghilangkan kosmetik dari wajah dan sekitar mata. Setelah itu, basahi wajah dengan air hangat.

Oleskan sabun pembersih wajah pada tangan kemudian pijat merata dengan lembut di seluruh area wajah. Bilas bersih dengan air hangat lalu tepuk lembut wajah dengan handuk bersih untuk mengeringkannya. Selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum memulai langkah-langkah tersebut.

Saat kosmetik dibersihkan, minyak alami kulit juga ikut terangkat. Karena itu, setelah wajah dibersihkan, Anda perlu menggunakan pelembap untuk menggantikan minyak alami kulit yang hilang.

Mencuci wajah dengan air hangat merupakan cara terbaik karena suhu ini dapat mengangkat seluruh kotoran pada kulit. Selain itu, suhu tubuh normal manusia yang berkisar antara 36.4-37.2oC membuat kulit bereaksi lebih baik dengan air yang hangat.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar