Sukses

Hal-Hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Olahraga

Setelah olahraga, Anda mungkin berencana untuk makan banyak. Eits, tunggu dulu! Apa yang dilakukan sesaat setelah berolahraga hampir sama pentingnya dengan aktivitas olahraganya sendiri.

Meningkatnya antusiasme untuk berolahraga di kalangan masyarakat merupakan hal yang membawa banyak dampak positif. Dengan banyaknya jumlah orang yang berkunjung ke pusat kebugaran atau lapangan olahraga setiap hari, dapat dipastikan bahwa taraf kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa saja yang sebaiknya dihindari setelah selesai berolahraga?

  1. Lupa Melakukan Cooling Down

Setelah lari selama satu jam, mungkin Anda akan merasa sangat lelah bila harus berjalan lagi selama 5 menit. Namun, cooling down merupakan salah satu hal yang sangat esensial. Hal ini membantu untuk menurunkan denyut jantung dan tekanan darah secara bertahap.

  1. Tetap Menggunakan Pakaian yang Sama

Setelah berolahraga, tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah yang relatif banyak. Tidak mengganti pakaian dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur atau jerawat pada kulit. Sebisa mungkin, segeralah mandi dan mengenakan pakaian baru, agar Anda dapat kembali beraktivitas dengan baik.

  1. Tidak Beristirahat

Setelah berolahraga dan melakukan aktivitas sepanjang hari, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur. Waktu istirahat tersebut adalah saatnya bagi tubuh Anda untuk memulai fase pembentukan otot dan pembakaran lemak.

  1. Tidak Mengonsumsi Air dengan Cukup

Karena berolahraga meningkatkan produksi keringat, tubuh akan membutuhkan cairan untuk menggantikan yang hilang. Dengan mengonsumsi air secara cukup, Anda akan mencegah kondisi dehidrasi yang dapat timbul akibat kurangnya cairan.

Olahraga merupakan kegiatan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sangat penting bagi kesehatan. Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan dan dihindari setelah berolahraga, manfaat yang dirasakan dari aktivitas tersebut akan lebih maksimal.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar