Sukses

Hal-Hal yang Tak Boleh Dilakukan Setelah Olahraga

Sudah banyak yang tahu manfaat olahraga bagi kesehatan. Namun, pernahkah Anda memperhatikan kebiasaan yang dilakukan setelah berolahraga?

Meningkatnya antusiasme untuk berolahraga merupakan hal yang membawa banyak dampak positif. Banyaknya jumlah orang yang berkunjung ke pusat kebugaran atau lapangan olahraga setiap hari, dapat mengindikasikan bahwa taraf kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Namun tentunya, olahraga harus dilakukan dengan baik, mulai dari sebelum mulai hingga setelah selesai agar manfaatnya optimal. 

Nyatanya, ada beberapa kebiasaan buruk setelah olahraga yang sebaiknya dihindari, tapi belum banyak diketahui. Apakah Anda sudah mengetahui apa saja yang sebaiknya dihindari setelah selesai berolahraga?

1 dari 6 halaman

1. Lupa Melakukan Pendinginan

Setelah lari selama satu jam, mungkin Anda akan merasa sangat lelah bila harus berjalan lagi selama lima menit. Namun dengan melakukannya, Anda memberikan waktu bagi tubuh untuk kembali ke kondisi semula

Cooling down merupakan salah satu hal yang sangat esensial untuk untuk menurunkan denyut jantung dan tekanan darah secara bertahap. Jadi, kebiasaan buruk setelah olahraga seperti lupa untuk pendinginan perlu dihentikan, ya.

Artikel Lainnya: Mengapa Pendinginan Usai Olahraga Harus Dilakukan?

2. Tidak Melakukan Peregangan

Selain pendinginan, peregangan juga penting untuk dilakukan setelah olahraga. Peregangan berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang dilatih dan terkontraksi saat olahraga.

Tidak melakukan peregangan dengan baik setelah Anda melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan kram otot.

2 dari 6 halaman

3. Tetap Menggunakan Pakaian yang Sama

Setelah berolahraga, tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah yang relatif banyak. Menggunakan pakaian sama menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga.

Kebiasaan tidak mengganti pakaian setelah Anda berkeringat dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur atau jerawat pada kulit. Jadi, sebisa mungkin, segeralah mandi dan mengenakan pakaian baru, agar Anda dapat kembali beraktivitas dengan baik.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik, Makan Sebelum Olahraga atau Setelahnya?

4. Langsung Melakukan Aktivitas Berat Lain

Aktivitas yang menuntut kekuatan otot terlalu banyak, seperti naik tangga yang tinggi atau angkat barang berat segera setelah berolahraga dapat membuat otot kelelahan atau bahkan cedera. Jadi, sebisa mungkin hindari kebiasaan buruk setelah olahraga ini.

3 dari 6 halaman

5. Begadang

Begadang merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga. Pasalnya, waktu istirahat sangat diperlukan tubuh untuk memulai fase pembentukan otot dan pembakaran lemak.

Jadi, setelah berolahraga dan melakukan aktivitas sepanjang hari, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur.

6. Bermalas-malasan

Harus beristirahat bukan berarti Anda dianjurkan untuk kemudian bermalas-malasan sepanjang hari setelah olahraga. Bermalas-malasan seharian merupakan salah satu kebiasaan buruk setelah olahraga. Melakukan aktivitas intensitas ringan merupakan salah satu cara untuk menjaga aliran darah tetap baik.

4 dari 6 halaman

7. Tidak Mengonsumsi Air dengan Cukup

Karena berolahraga meningkatkan produksi keringat, tubuh akan membutuhkan cairan untuk menggantikan yang hilang. Dengan mengonsumsi air secara cukup, Anda akan mencegah kondisi dehidrasi yang dapat timbul akibat kurangnya cairan.

Artikel Lainnya: Dampak Buruk Olahraga Saat Perut Kosong

8. Konsumsi Cairan yang Tidak Tepat

Harus memenuhi kebutuhan cairan kembali setelah olahraga bukan berarti Anda boleh minum sembarang minuman. Banyak orang minum sports drink setelah berolahraga. Padahal, ini termasuk hal yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga.

Kebiasaan tersebut kurang tepat karena jenis minuman olahraga kerap mengandung gula tambahan yang tinggi dan dapat mengganggu proses pemulihan pasca olahraga.

5 dari 6 halaman

9. Langsung Makan Berat

Berilah jarak antara selesai berolahraga dengan makan sekitar 20-30 menit. Langsung makan, terutama dengan menu berat seperti nasi dan lauk sehabis berolahraga, bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti kram perut atau maag.

10. Tidak Makan Sama Sekali

Ketika Anda dianjurkan untuk menghindari makan berat, bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Ini merupakan hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga. 

Meskipun tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, tetapi tubuh tetap membutuhkan kalori untuk bisa berfungsi dengan baik. Hal yang paling penting, bijaksanalah dalam memilih menu yang sehat seimbang.

Olahraga merupakan kegiatan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sangat penting bagi kesehatan. Nah, dengan mengetahui kebiasaan buruk setelah olahraga, Anda dapat menghindarinya untuk memperoleh manfaat olahraga secara lebih maksimal.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar hal yang harus dihindari setelah olahraga, tanyakan secara langsung kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

2 Komentar